Selasa, Oktober 22, 2024

Tugas Damkar Ciamis Bukan Hanya Tangani Kebakaran, Evakuasi Satwa hingga Turun ke Jurang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pos Damkar WMK Kawali melakukan evakuasi terhadap seorang remaja yang terjatuh ke jurang di Jalan Kawali-Cikijing, Desa Purwasari, Kabupaten Ciamis. Korban, Ihsan Kemas Kosasih (16), warga Dusun Cilimus, Desa Indra Giri, Panawangan, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kejadian ini pertama kali dilaporkan oleh Fahrul, seorang pengguna jalan yang sedang melintas di lokasi kejadian. Saat melihat kerumunan masyarakat di pinggir jalan, Fahrul mendekat dan mendapati korban berada di dasar jurang dengan kedalaman sekitar 10 meter. Diduga sementara, insiden ini terjadi akibat kecelakaan lalu lintas.

“Posisi korban yang berada di dasar jurang membuat proses evakuasi menjadi sulit, sehingga kami segera dihubungi untuk memberikan bantuan,” ungkap Fery Rochwandi, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis.

Tim Damkar dari Pos WMK Kawali yang menerima laporan langsung bergerak cepat. Mereka menggunakan satu unit kendaraan pancar Z 9913 V untuk melakukan proses evakuasi. Meskipun medan cukup sulit, petugas Damkar berhasil mengevakuasi korban dari dalam jurang.

“Tim kami sudah terlatih menghadapi situasi semacam ini. Meski aksesnya sulit, kami memastikan evakuasi berjalan lancar,” tambah Fery Rochwandi.

Setelah berhasil dievakuasi, korban segera dibawa ke RSUD Kawali untuk penanganan lebih lanjut. Sayangnya, korban dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.

Pada pukul 05:00 WIB, situasi di lokasi kejadian telah dinyatakan aman, dan petugas kembali ke pos untuk melanjutkan piket kesiapsiagaan. Kejadian ini menjadi pengingat bagi masyarakat agar lebih berhati-hati saat melintasi jalan-jalan yang rawan kecelakaan, terutama di kawasan jalur Kawali-Cikijing yang sering mengalami insiden serupa.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu waspada, terutama di jalur yang berisiko. Keselamatan adalah yang utama,” tegas Fery.

Fery mengatakan, tugas Damkar Ciamis bukan hanya menangani kebakaran saja. Melainkan sejumlah pertolongan keselamatan. “Mengevakuasi satwa, melepaskan cincin sampai turun ke jurang,” katanya.(Ayu/CN/Djavatoday)

Herdiat-Yana Usung Program Penguatan Ekonomi Desa di Ciamis Lewat 1 Village 1 Product

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra, terus melakukan roadshow ke berbagai kecamatan untuk memperkuat...

Kejari Ciamis Gelar Aksi Kampanye Anti Korupsi di Alun-Alun Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis turun ke jalan untuk menggelar aksi kampanye gerakan anti korupsi di Jalan Jenderal Sudirman,...

Napak Tilas Perjuangan Santri dan Ulama di Ciamis Lewat Kirab Resolusi Jihad

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Resolusi Jihad yang digelar di Kabupaten Ciamis, Selasa, 22 Oktober 2024. Ini menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan ulama dan...

SDN 4 Kertasari Ciamis Sudah Pasang Foto Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis sudah memasang bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya