Jumat, Oktober 18, 2024

Pj Bupati Buka Puncak Bulan Inklusi Keuangan, Dorong Literasi Keuangan di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mendorong literasi keuangan. Hal itu ia sampaikan saat membuka secara resmi acara Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Kegiatan digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Selasa (08/10/2024).

Acara ini berlangsung di Gedung KH. Irfan Hielmy Islamic Center. Dihadiri oleh berbagai pihak penting, seperti Ketua OJK Provinsi Jawa Barat, anggota DPR RI, unsur Forkopimda, perangkat daerah, serta pimpinan perbankan dan institusi jasa keuangan di Kabupaten Ciamis.

Engkus Sutisna menegaskan bahwa acara Puncak BIK 2024 ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan di masyarakat, khususnya di Tatar Galuh, Kabupaten Ciamis. Dia menjelaskan bahwa literasi keuangan memainkan peran penting dalam mendorong masyarakat memahami dan memanfaatkan layanan keuangan yang tersedia.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis mendukung penuh upaya ini, karena inklusi keuangan sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Engkus berharap dengan akses yang lebih mudah ke layanan keuangan, masyarakat bisa lebih mandiri secara finansial. Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan dan mempercepat penguatan ekonomi lokal.

Engkus juga menambahkan bahwa program inklusi keuangan membuka akses bagi masyarakat yang sebelumnya sulit terjangkau oleh layanan perbankan.

“Dari tabungan, asuransi, hingga pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah, semuanya bertujuan membangun ekonomi yang lebih inklusif dan berkualitas,” jelasnya.

Engkus juga mengajak masyarakat dan lembaga terkait untuk berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan pentingnya literasi keuangan.

“Mari kita bersama-sama aktif mendukung tercapainya inklusi keuangan yang lebih luas, terutama bagi masyarakat pedesaan, petani, nelayan, dan sektor informal yang seringkali belum tersentuh layanan keuangan formal,” tegasnya.

OJK Tasikmalaya Sosialiasi Literasi Keuangan di Ciamis

Ketua OJK Tasikmalaya, Melati Usman, melaporkan bahwa kegiatan BIK ini merupakan program kerja rutin OJK yang dilaksanakan sejak 2016.

“Tahun ini, kami mengambil tema ‘Akses Keuangan Inklusif Wujudkan Masyarakat Produktif’,” ungkap Melati.

Selain itu, OJK juga mengadakan sosialisasi dan literasi keuangan kepada pelajar dari berbagai jenjang. Mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi, serta menggelar berbagai perlombaan dan kegiatan menarik lainnya.

Dengan berbagai inisiatif dalam BIK ini, diharapkan literasi keuangan di Kabupaten Ciamis semakin meningkat. Mendukung pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih inklusif.

Selain itu, acara ini juga diwarnai dengan penandatanganan komitmen bersama untuk melawan judi online dan pinjaman online ilegal oleh Pj Bupati Ciamis bersama para pemangku kepentingan lainnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Armada Damkar Padamkan Pabrik yang Terbakar di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik pengolahan kayu yang berada di Dusun Cibaregbeg, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis terbakar. Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2024)...

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya