Selasa, Oktober 15, 2024

Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Dia 5 Manfaat Bangun Pagi!

Manfaat bangun pagi salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih segar. Sayangnya, banyak orang yang hanya bangun pagi ketika memiliki jadwal atau tujuan tertentu saja. Padahal, bangun di pagi hari seharusnya dijadikan rutinitas karena membawa pengaruh baik untuk kesehatan fisik dan mental. Terbiasa bangun pagi juga tidak akan membuat tubuh mudah lesu.

Nah! Supaya bisa bangun pagi, kamu harus memenuhi jam tidurmu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara lain seperti memasang alarm, menghindari minuman yang mengandung kafein, membatasi screen time sebelum tidur, menciptakan suasana kamar yang nyaman, serta mengubah jadwal bangun secara bertahap. Setelah mencoba berbagai cara tersebut, usahakan kamu tetap konsisten supaya bisa lebih semangat dan tidak malas beraktivitas.

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Meski bukan hal yang mudah diterapkan, nyatanya ada banyak manfaat bangun pagi yang sayang jika dilewatkan, baik dalam segi fisik ataupun mental. Yuk, cari tahu apa saja manfaat bangun pagi yang dapat membawa pengaruh baik untuk kehidupan sehari-harimu!

Tubuh jadi lebih sehat dan bugar

Udara pagi yang kita hirup terasa segar karena belum tercampur dengan polusi. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan peregangan atau olahraga ringan. Dengan begitu, tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Bangun pagi juga membuat tubuh menjadi rileks. Hal ini memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik.

Membangun suasana hati yang bahagia

Manfaat bangun pagi yang satu ini juga tidak kalah penting karena dapat menciptakan kepuasan tersendiri. Kebiasaan ini bisa bikin kamu berpikir lebih positif. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa cenderung bangun pagi bisa membuat seseorang terhindar dari kecemasan, depresi, atau gangguan suasana hati lainnya.

Kulit tampak sehat

Bangun pagi dan tidur lebih awal membuat kulit kamu tampak sehat secara alami. Bangun pagi dapat membantu kamu meregenerasi kulit. Selain itu, usahakan juga tidur lebih awal untuk mengurangi risiko penuaan dini seperti munculnya kerutan, garis halus, hingga kantung mata yang lebar.

Meningkatkan produktivitas

Manfaat bangun pagi tentunya bisa membantu kamu dalam meningkatkan produktivitas. Rutinitas ini membuat kamu memiliki lebih banyak waktu untuk bisa melakukan pekerjaan dengan rapi dan terstruktur. Bangun pagi juga merupakan kesempatan baik karena kamu bisa merencanakan jadwal dengan efektif.

Lebih aktif saat berkegiatan

Orang yang terbiasa bangun pagi cenderung antusias dalam mengerjakan sesuatu. Ia tampak lebih aktif dalam menjalani hari. Bangun pagi juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat diri. Sebaliknya, orang yang terbiasa bangun siang akan terlihat mudah lesu akibat rasa malas yang menyelimutinya. 

Itu dia 5 manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental. Yuk, hindari kebiasaan bangun siang dan beristirahatlah dengan cukup untuk memulihkan tubuh dan pikiranmu! (Karin/Djavatoday)

Bisa Merusak Kesehatan Otak, Ini Dia 5 Aktivitas Sepele yang Bikin Kamu Jadi Telat Mikir!

Bisa merusak kesehatan otak, kebiasaan-kebiasaan sepele ini acapkali diabaikan, padahal risikonya cukup mengkhawatirkan. Satu di antaranya yaitu membuat otak menjadi lemot atau telat mikir....

Ini Dia Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan yang Mudah dilakukan 

Mengatasi gangguan kecemasan merupakan upaya menghadapi situasi dengan tenang tanpa adanya rasa khawatir yang berlebihan. Sebab, gangguan kecemasan bisa berakibat buruk terhadap kemampuan seseorang...

Penyebab Sakit Kaki dan Cara Mengatasinya

Sakit kaki adalah keluhan umum yang sering dirasakan oleh banyak orang. Penyebab sakit kaki bisa sangat beragam, mulai dari masalah ringan hingga kondisi serius...

Efek Samping Main HP Sambil Tiduran, Bisa Sebabkan Ketergantungan!

Main HP sambil tiduran memang terasa nyaman untuk dinikmati. Tetapi meski begitu, selalu melibatkan HP dalam setiap aktivitas tidak semestinya dilakukan karena dapat merugikan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya