Jumat, Oktober 18, 2024

Kebakaran Kandang di Ciamis, 3.500 Ayam Tewas, Pemilik Rugi Rp 200 Juta

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah kandang ayam di Dusun Karanganyar, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terbakar pada Minggu dini hari (6/10/2024). Kebakaran ini mengakibatkan sekitar 3.500 ekor ayam yang baru berusia tiga hari mati terpanggang.

Fery Rochwandi, Kabid Damkar Dinas Satpol PP Ciamis, mengonfirmasi peristiwa tersebut. Menurut Fery, pihaknya menerima laporan dari Narwa (51), pemilik kandang, yang meminta bantuan untuk memadamkan api di kandang berukuran 25×6,5 meter itu.

“Begitu menerima laporan, petugas segera menuju lokasi dengan membawa satu unit armada pancar dan satu mobil tangki untuk suplai air,” kata Fery.

Fery menjelaskan bahwa dugaan awal penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Narwa, sang pemilik, melihat api menyala besar di bagian atap kandang dan segera melapor ke pos WMK Rancah. Petugas Damkar langsung merespons dan bergerak cepat ke lokasi kejadian.

“Petugas langsung memadamkan api yang membakar kandang ayam. Tapi api cepat membakar bagian kandang yang terbuat dari bambu,” jelas Fery.

Kebakaran tersebut menyebabkan ribuan ayam yang baru berumur tiga hari mati terpanggang, dengan kerugian mencapai sekitar Rp 200 juta. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian materiil yang dialami cukup besar.

“Ribuan ayam mati terbakar, dan pemilik mengalami kerugian sekitar Rp 200 juta. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB,” pungkas Fery. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Armada Damkar Padamkan Pabrik yang Terbakar di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik pengolahan kayu yang berada di Dusun Cibaregbeg, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis terbakar. Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2024)...

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya