Jumat, Oktober 18, 2024

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Tak Bau dan Nyaman digunakan

Menjaga kebersihan kamar mandi mungkin terdengar berat dan merepotkan karena perlu tenaga ekstra untuk memerhatikan kondisi lantai, bak mandi, toilet, keran, bahkan dinding. Padahal, membersihkan kamar mandi bukanlah momen yang amat melelahkan apabila si empunya higienis. Sama seperti kamar dan ruangan lainnya, kamu juga harus rajin membersihkan kamar mandi untuk menerapkan gaya hidup sehat dan mencegah risiko munculnya penyakit yang bisa kapan saja menyerang keluarga.

Kamar mandi adalah ruangan dengan kondisi lembap yang menjadi tempat favorit berkembang biaknya virus, bakteri, dan jamur. Selain itu, kita juga harus tetap menjaga kebersihan kamar mandi supaya tidak bau dan nyaman digunakan. Sebab, apabila kebersihan kamar mandi tidak dijaga, kuman akan mudah menyebar. Hal ini dapat memicu gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, infeksi kulit, dan macam-macam penyakit lainnya.

Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Tak Bau dan Nyaman digunakan

Bagi sebagian orang, membersihkan kamar mandi adalah part paling menyebalkan. Kalaupun harus membersihkan, perlu waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan niat. Sebagian orang juga memerlukan tips membersihkan kamar mandi secara efisien dan maksimal. Dengan begitu, kamar mandi bisa digunakan dengan nyaman karena kondisinya yang bersih dan wangi. Nah! Ini dia sederet tips yang bisa kamu lakukan pada saat membersihkan kamar mandi!

Membersihkan toilet

Toilet adalah tempat paling kotor yang harus dijaga kebersihannya, mulai dari kloset dudukannya hingga bagian dalam toilet. Gunakan sikat khusus kloset serta pembersih yang ampuh untuk membasmi kerak dan noda yang menempel. Jika sudah dibersihkan, sebaiknya kamu menutup toilet setiap kali menekan tombol flush demi mencegah penyebaran kuman dan bakteri di kamar mandi.

Bersihkan celah lantai

Cobalah perhatikan baik-baik kondisi celah lantai di kamar mandimu. Meski tampak rapat, lantai memiliki celah yang rentan menjadi tempat bersarangnya kotoran. Sebaiknya kamu tidak mengabaikannya karena hal tersebut dapat menyebabkan risiko tumbuhnya lumut atau jamur. Jadi pastikan kamu menyikat bagian celah lantai sampai bersih dan bebas dari kotoran.

Perhatikan area yang sering disentuh

Tips yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menyemprotkan disinfektan pada area yang sering disentuh. Seperti gagang pintu, gantungan handuk, gagang keran, tombol flush, dan lainnya. Tanpa disadari, area-area yang sering disentuh inilah yang rawan menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman kecil tak kasat mata. Mereka menempel di benda yang paling sering disentuh dan akan menyebar jika area atau benda tersebut tidak pernah dibersihkan.

Jangan lewatkan saluran air

Menjaga saluran air sudah menjadi kesepakatan yang tidak lagi bisa dibantah karena dapat menimbulkan risiko yang cukup membuat was-was. Jika tidak pernah dibersihkan, saluran air akan mampet, bahkan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk serta dapat menyebabkan kebocoran pipa.

Pastikan sirkulasi udara tetap terjaga

Menjaga kebersihan kamar mandi bukan semata-mata menggosok kerak atau noda membandel pada lantai, toilet, maupun dindingnya. Kamu juga harus memastikan sirkulasi udara di kamar mandi tetap terjaga untuk mengurangi kelembapannya. Biarkan pintu kamar mandi terbuka dengan lebar pada saat kamu tidak sedang menggunakannya.

Menjaga kebersihan kamar mandi merupakan bagian penting demi keamanan dan kenyamanan keluarga. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi risiko timbulnya penyakit. Yuk, jaga kebersihan kamar mandimu! (Karin/Djavatoday)

Tips Mengurangi Overthinking agar Hidupmu Tidak Terasa Berat

Tips mengurangi overthinking pada artikel kali ini akan membantumu menghilangkan hal yang sebenarnya gak perlu kamu pikirkan secara berlebihan. Rasa overthinking memang belakangan menjadi...

5 Keuntungan Menjadi Pengusaha, Mulai dari Cuan Hingga Bentuk Kepribadian Tangguh!

Keuntungan menjadi pengusaha gak hanya tentang cuan loh. Sebagaimana kita tahu bahwa pengusaha memang salah satu pekerjaan yang bisa mencapai omzet puluhan juta. Namun...

Cara Mengatasi Rasa Pedas dengan Efektif

Rasa pedas sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan makanan bercita rasa pedas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena...

Hari Besar Bulan Oktober Lengkap dengan Sejarahnya

Gak kerasa ya udah ganti bulan lagi aja. Nah, di bulan Oktober ini ada beberapa hari besar yang perlu kamu tahu. Biasanya di hari-hari...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya