Selasa, Oktober 15, 2024

Efek Samping Main HP Sambil Tiduran, Bisa Sebabkan Ketergantungan!

Main HP sambil tiduran memang terasa nyaman untuk dinikmati. Tetapi meski begitu, selalu melibatkan HP dalam setiap aktivitas tidak semestinya dilakukan karena dapat merugikan kesehatan. Beragam dampak negatif bisa terjadi akibat radiasi yang dipancarkan oleh layar ponsel.

Kini, bermain ponsel menjadi hal yang paling digemari oleh kalangan masyarakat, dari kanak-kanak hingga orang dewasa. Sehari tanpa ponsel rasanya sangat berat dan membosankan. Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain HP, entah itu belajar, menonton, atau sekadar bermain. Hal ini menjadi bagian dari kehadiran teknologi yang semakin canggih seiring perkembangan zaman. Bahkan, mengisi waktu santai dengan berkutat menatap layar HP sudah menjadi kebiasaan yang tak dapat dipungkiri. Dari bangun tidur, sampai tidur lagi. Kemudian, ada pula yang acapkali bermain ponsel sambil tiduran. Padahal, keseringan main HP sambil tiduran dapat menimbulkan efek samping yang akan membahayakan tubuh. 

Main HP Sambil Tiduran, Berikut Efek Samping yang Dapat Merugikan Kesehatan!

Main HP sambil tiduran adalah posisi paling bersahabat, terutama bagi mereka yang kesehariannya tidak bisa jauh dari HP. Alangkah lebih baik untuk tidak membiasakan diri bermain ponsel sambil berbaring supaya tidak ketergantungan. Nah! Ini dia beberapa efek samping yang dapat timbul akibat kebiasaan main HP sambil tiduran.

Masalah mata

Seperti apa yang sama-sama kita ketahui, bermain gadget adalah salah satu penyebab menurunnya kesehatan mata, apalagi kalau sambil tiduran. Retina bisa rusak akibat pancaran sinar biru dari layar HP. Apabila dilakukan terus menerus, risiko yang muncul akan lebih berbahaya, fungsi penglihatan bisa memburuk bahkan lebih parah. 

Otak cepat lelah

Main HP sambil tiduran tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan mata, tapi juga dapat membuat otak menjadi mudah lelah. Otak akan terangsang dan tetap aktif. Otak yang seharusnya beristirahat justru tetap terjaga dan waspada. Kamu mungkin akan sulit tidur untuk mengistirahatkan otakmu karena terlalu nyaman bermain ponsel hingga lupa waktu.

Ketergantungan pada HP

Semakin nyaman posisimu bermain ponsel, semakin lama pula kamu menggunakannya. Kamu akan ketergantungan karena candu dan selalu tertarik pada perangkat tersebut. Dengan begitu, kamu semakin sulit untuk memisahkan diri dengan HP. Kehidupan sosialmu menjadi terganggu, yang selanjutnya mengakibatkan kurangnya interaksi langsung dengan orang lain.

Sebabkan nyeri leher dan bahu

Penggunaan ponsel sambil tiduran dapat menyebabkan nyeri leher dan bahu. Hal ini dikarenakan oleh kepala yang berada di satu posisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Dampaknya yaitu meningkatkan risiko kaku pada otot leher yang kemudian menjalar hingga ke punggung.

Menurunkan kualitas tidur

Main HP sambil tiduran bisa menurunkan kualitas tidur akibat rangsangan cahaya biru yang mengganggu pelepasan hormon melatonin. Bermain ponsel sambil berbaring membuat seseorang kurang nyenyak dalam tidurnya. Hal ini juga membuat emosi seseorang cenderung bergejolak sehingga rasa kantuk tidak mudah menyerang.

Itu dia efek samping main HP sambil tiduran yang dapat merugikan kesehatan! Hindari penggunaan gadget secara berlebih dan manfaatkanlah untuk hal-hal yang baik. Hati-hati! Jangan sampai kecanduan! (Karin/Djavatoday)

Bisa Merusak Kesehatan Otak, Ini Dia 5 Aktivitas Sepele yang Bikin Kamu Jadi Telat Mikir!

Bisa merusak kesehatan otak, kebiasaan-kebiasaan sepele ini acapkali diabaikan, padahal risikonya cukup mengkhawatirkan. Satu di antaranya yaitu membuat otak menjadi lemot atau telat mikir....

Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Dia 5 Manfaat Bangun Pagi!

Manfaat bangun pagi salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih segar. Sayangnya, banyak orang yang hanya bangun pagi ketika memiliki jadwal atau tujuan tertentu...

Ini Dia Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan yang Mudah dilakukan 

Mengatasi gangguan kecemasan merupakan upaya menghadapi situasi dengan tenang tanpa adanya rasa khawatir yang berlebihan. Sebab, gangguan kecemasan bisa berakibat buruk terhadap kemampuan seseorang...

Penyebab Sakit Kaki dan Cara Mengatasinya

Sakit kaki adalah keluhan umum yang sering dirasakan oleh banyak orang. Penyebab sakit kaki bisa sangat beragam, mulai dari masalah ringan hingga kondisi serius...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya