Jumat, Oktober 18, 2024

Curug Barong Bogor, Cocok untuk Healing saat Weekend

Curug Barong Bogor merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang letaknya cukup tersembunyi di antara bebatuan. Air terjun ini berada di wilayah Sentul dan berdekatan dengan Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, hingga Leuwi Cepet yang lebih dulu populer. Oleh karena itu, kamu bisa sekaligus mendatangi empat keindahan curug dalam satu kawasan. Cocok menjadi destinasi healing saat akhir pekan bersama dengan teman ataupun keluarga.

Untuk bisa menikmati keindahan curug ini, Sobat Djava harus rela berpetualang ke dalam hutan yang masih lestari. Menapaki setiap track-nya yang menantang dan mengikuti kontur jalan yang naik turun dengan bonus pemandangan. Meskipun membutuhkan perjuangan ekstra, keindahan dari curug ini tak akan mengecewakan dan akan mengembalikan tenagamu yang habis sepanjang perjalanan.

Nah, jika Sobat Djava ingin mencoba mengeksplorasi Curug Barong Bogor, langsung saja kunjungi ke alamatnya. Apa alamat lengkap, berapa harga tiket masuk, dan bagaimana daya tarik curug ini? Kamu bisa menemukan jawabannya dalam artikel ini, jadi simaklah uraian berikut ini selengkapnya, ya!

Baca juga: Curug Kondang Bogor dengan Kolam Biru Memesona

Lokasi Curug Barong Bogor

Objek wisata curug ini terletak di Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Berlokasi di kawasan Gunung Pancar Sentul, kamu juga bisa mengetikkan nama Leuwi Hejo di Google Maps agar lebih mudah. Untuk rutenya sendiri, kamu bisa menggunakan tol Jagorawi, kemudian menuju ke Sentul dan arahkan kendaraan menuju Jungle Land.

Dari Jungle Land, kamu harus mengarahkan kendaraan menuju Karang Tengah dan ikuti petunjuk Maps atau bertanya ke warga sekitar. Setelah tiba di area parkir, kamu harus menyiapkan fisik yang kuat untuk berjalan kaki sekitar 20 menit. Medannya berupa tanah dan bebatuan yang terkadang licin di beberapa titiknya. Jika mendengar gemuruh air terjun, maka kamu sudah dekat dengan Curug Barong Bogor.

Daya Tarik Curug Barong Bogor

Bogor merupakan sebuah kawasan yang menyimpan banyak permata indah berupa air terjun, baik yang populer maupun yang masih tersembunyi. Setiap air terjunnya tentu memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Begitupun dengan curug ini yang berada di antara bebatuan besar yang seolah mengungkung air terjunnya.

Ketinggian yang nampaknya hanya sekitar 5 hingga 7 meter saja, tetapi alirannya yang deras dan bentuk unik alirannya membuat pemandangannya lebih eksotis. Airnya mengalir dari lereng gunung kemudian berkelok mengikuti cekungan bebatuan yang menjadi sandarannya. Warna air yang jernih menandakan bahwa curug ini masih asri dan berasal dari mata air pegunungan asli. Aliran airnya ini akan membentuk sebuah telaga kecil di bawahnya yang berwarna hijau kebiruan.

Kolam kecil ini cukup kecil sehingga tidak leluasa untuk berenang, hanya memungkinkan untuk bermain air bagi wisatawan yang penasaran dengan kesegaran airnya. Larangan berenang di kolamnya juga berdasarkan himbauan petugas bahwa terdapat pusaran air di kolam tersebut yang dapat membahayakan. Untuk bisa berenang atau ciblon dengan lebih leluasa, kamu bisa melakukannya di Leuwi Lieuk ataupun Leuwi Cepet.

Aktivitas Menarik

Selain bisa bermain air, wisatawan juga bisa bersantai di atas bebatuannya sembari menghirup udara segar sepuasnya. Pepohonan yang rindang di sekitar Curug Barong Bogor menjadikan areanya teduh sehingga tak perlu khawatir tersengat matahari. Jangan lupa untuk berswafoto dengan latar belakang curug dan bebatuannya yang akan membuat fotomu lebih eksotis.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk bisa menikmati objek wisata ini, Sobat Djava harus menyiapkan uang sebagai tiket masuk dan biaya lainnya. Di gerbang utama, kamu harus membeli tiket masuk seharga Rp15.000 per orang. Kemudian saat memasuki area curug, kamu juga harus membayar lagi sebesar Rp25.000 per orang.Terdapat biaya parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan, nominalnya adalah Rp20.000 per mobil dan Rp10.000 per unit motor.

Harga tiket tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Di luar biaya tiket masuk tersebut kemungkinan besarnya adalah pungli, Sobat Djava harus berhati-hati. Adapun fasilitas di objek wisata Curug Barong Bogor masih minim karena lokasinya yang berada di dalam hutan. Untuk fasilitas area parkir, warung, dan toilet bisa kamu temukan di pintu masuk atau di jalur tracking.

Jam Operasional

Curug Barong Bogor beroperasi selaam 24 jam setiap hari sehingga kamu bisa bebas mengunjunginnya kapan saja. Namun, disarankan untuk tidak datang melebihi jam 12 siang untuk menghindari hujan tiba-tiba. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat cuaca cerah, jangan datang jika sebelumnya terjadi hujan karena airnya akan mengeruh. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Naga Bogor: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Curug Naga Bogor merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan keseruan bermain air dan berpetualang di alam terbuka. Objek wisata ini juga menyuguhkan keindahan...

Ipukan Highland Kuningan, Staycation Aesthetic di Gunung Ceremai 

Ipukan Highland Kuningan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan penginapan aesthetic yang beragam. Suguhan keindahan pegunungan Ceremai pun bisa Anda saksikan, lengkap dengan...

Bird Pavilion Lembang, Wisata Seru untuk Pecinta Burung

Bird Pavilion Lembang merupakan sebuah objek wisata alam dan edukasi yang seru, terutama bagi para pecinta burung. Sepert namanya, objek wisata ini menyuguhkan lebih...

Batu Lumpang Pangandaran, Segarkan Harimu di Indahnya Sungai

Batu Lumpang Pangandaran merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan sungai berwarna hijau kebiruan. Sungai ini memiliki panjang lebih dari 1 kilometer dengan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya