Minggu, September 29, 2024

Festival Kopi Rajadesa Ciamis, Antara Budaya dan Cita Rasa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Kopi Rajadesa Ciamis, Art and Culture kembali digelar yang kelima kali. Kegiatan ini berlangsung pada 26-28 September 2024 di Lapangan Rangga Mandala Gunung Gede, Purwaraja, Kecamatan Rajadesa, Ciamis, Jawa Barat.

Festival Kopi Rajadesa Ciamis ini diinisiasi oleh Paguyuban Seni Sunda Tunas Muda Desa Purwaraja ini berhasil menyatukan para pencinta kopi dan pecinta budaya Sunda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna, Disbudpora Ciamis, unsur Forkopimcam Rajadesa dan tamu undangan lainnya.

Festival Kopi Rajadesa yang telah berlangsung yang kelima kali sukses memposisikan diri sebagai wadah pelestarian seni dan juga budaya Sunda. Berbagai pertunjukan seni tradisional, seperti tari jaipong, gamelan, dan juga dongeng Sunda, turut memeriahkan acara.

Para pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan cita rasa unik kopi Rajadesa. Namun juga dapat menikmati keindahan seni dan budaya lokal yang begitu kental.

Pj. Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengapresiasi dengan tinggi atas terselenggaranya festival tersebut. Engkus melihat Festival Kopi Rajadesa sebagai upaya nyata dalam melestarikan budaya Sunda sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Acara ini sangat sejalan dengan upaya kita untuk meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujar Engkus.

Engkus berharap, Festival Kopi Rajadesa Ciamis ini semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mengenal dan mencintai kopi serta budaya Sunda. Acara ini tidak hanya menjadi ajang promosi produk lokal. Namun juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan melestarikan warisan budaya leluhur. (Ayu/CN/Djavatoday)

Nadhif Raffa Zavier, Bocah dari Ciamis Jadi Jawara di Kejuaraan Silat Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nadhif Raffa Zavier (6) pesilat cilik asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi juara dalam Kejuaraan Silat Terbuka Piala Kasad ke-2 2024...

Respons Cabup Herdiat Lawan Kotak Kosong di Pilbup Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Yana D Putra akan melawan kotak kosong di Pilbup Ciamis 2024....

Mengenal Rumah Naskah Nusantara Ciamis, Upaya Digitalisasi Manuskrip Kuno

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berbagai cara dilakukan dalam upaya melestarikan dan menjaga warisan peninggalan zaman dulu, terutama yang mengandung sejarah. Seperti yang dilakukan Gunari Putra...

Petugas Pos WMK Banjarsari Berhasil Evakuasi Dua Ekor Ular King Kobra

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petugas Pos WMK Banjarsari berhasil mengevakuasi dua ekor ular King Kobra di bawah pohon bambu di Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya