Jumat, Oktober 18, 2024

Cara Cepat Menghilangkan Rasa Pedas yang Bisa Kamu Coba

Menghilangkan rasa pedas kedengarannya memang gampang-gampang susah, tergantung dengan tingkat dan komposisi dari makanan yang dikonsumsi. Umumnya, rasa pedas akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam ke depan. Nah! Supaya rasa pedas ataupun efek panas tidak membuatmu menderita, kamu bisa mengikuti sederet tips di berikut untuk menghilangkan rasa pedas.

Makanan pedas dianggap sebagai hidangan yang memberikan sensasi nikmat sekaligus bikin nagih. Makanan pedas juga merupakan bagian dari budaya kuliner Indonesia yang bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi lidah. Dengan kata lain, seseorang begitu menyukai pedas karena efeknya dapat memicu pelepasan endorfin dalam tubuh. Namun, tak sedikit pula yang menyesal setelah mengonsumsi makanan pedas karena sensasinya yang membakar lidah dan sulit diatasi. Padahal ada lho, cara cepat menghilangkan pedas yang dipercaya ampuh dan bisa dicoba!

Cara Menghilangkan Rasa Pedas dengan Cepat dan Ampuh!

Sering kepedasan karena tak bisa mengontrol diri untuk tidak mengonsumsi makanan pedas yang rasanya bikin nagih? Ikuti tips di bawah ini untuk mengatasi rasa pedas di mulut dan lidahmu!

Minum susu

Menghilangkan pedas bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu minum susu atau mengonsumsi makanan berbahan susu. Konon, susu dipercaya ampuh dalam mengatasi rasa pedas berkat kandungan kasein serta lemak yang ada di dalamnya. Minumlah susu segar sebagai cara cepat dan efektif untuk menghilangkan pedas. 

Minum minuman asam

Selain susu, minuman asam juga dipercaya ampuh mengatasi rasa pedas. Senyawa asam dapat membantu menetralkan aktivitas molekul basa atau capsaicin. Dengan begitu rasa pedasnya akan hilang. Minum minuman asam seperti jeruk nipis ataupun lemon untuk mendinginkan mulut yang kepedasan.

Makan nasi atau roti

Dua sumber karbohidrat ini tidak hanya memberikan efek kenyang, tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa pedas. Saat mengonsumsi nasi atau roti, terdapat pati yang bisa menimbulkan tekstur kasar di mulut. Reseptor di lidah akan menangkap sinyal berbeda sehingga tidak dapat mendeteksi rasa pedas dari zat capsaicin. 

Makan cokelat

Menghilangkan rasa pedas ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi cokelat, lho! Makanan kebanggaan sejuta umat ini mampu meredakan sensasi terbakar akibat rasa pedas yang menjalar. Cokelat mengandung gula dan tinggi lemak. Makanlah cokelat dengan kandungan kasein yang tinggi, seperti cokelat susu misalnya.

Konsumsi selai kacang

Tak hanya digunakan sebagai olesan roti, selai kacang juga bisa dimakan langsung untuk membantu mengatasi rasa pedas. Selai kacang mengandung lemak yang cukup tinggi untuk mengeluarkan capsaicin dari mulut serta mengurangi sensasi pedasnya. Selain itu, selai kacang juga memiliki kandungan gula yang dapat membantu meredakan sensasi terbakar.

Demikian tips menghilangkan rasa pedas dengan cepat dan efektif yang bisa kamu coba. Tapi meskipun begitu, mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang berlebihan tidak disarankan karena dapat memicu berbagai penyakit pada sistem pencernaan. (Karin/Djavatoday)

Resep Ayam Kukus Jahe, Menu Andalan untuk Meningkatkan Stamina

Menu andalan kali ini merupakan hidangan ayam yang dimasak dengan cara dikukus bersama jahe beserta bumbu-bumbu aromatik lainnya. Ayam kukus jahe ialah masakan sehat...

Aneka Resep Pepes Rumahan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Aneka resep pepes dalam artikel kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Pepes memang merupakan makanan khas rumahan yang gak akan gagal menggugah...

Tips Mengatasi Rasa Lapar Saat Tengah Malam, Gak Bikin Berat Badan Nambah!

Lapar saat tengah malam bisa disebabkan oleh kebiasaan makan berlebihan, termasuk mengonsumsi makanan tinggi gula pada malam hari sebelum tidur. Kondisi ini cukup mengganggu...

Enak dan Sehat! Ini Dia 5 Cara Praktis Membuat Dressing Salad

Banyak orang yang kini memilih mengonsumsi salad sebagai alternatif untuk mendukung pola makan yang sehat. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan rendah...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya