Jumat, September 20, 2024

Curug Pangeran Bogor: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Curug Pangeran Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun setinggi tujuh meter. Meskipun hanya setinggi tujuh meter, curug ini memiliki pesonanya tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, terutama para pecinta alam. Salah satunya adalah kolam alaminya yang begitu cantik dengan warna air hijau kebiruan. Nuansa di sekitar curugnya pun begitu tenang dengan pepohonan dan vegetasi alam yang asri.

Lokasi curug ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau TNGHS yang menjadi tempat persembunyian ragam wisata alam lainnya. Beberapa spot wisata yang begitu populer dari taman nasional ini adalah Lembah Tepus, Kolam Tirta Alam, hingga Curug Kondang yang sebelumnya kami bahas. Setiap objek wisata tersebut menyuguhkan suasana alam yang tenang, cocok menjadi spot healing bersama teman.

Bagi Sobat Djava yang tak terbiasa hiking atau berjalan jauh, jangan khawatir karena tak perlu effort besar untuk sampai di curug ini. Anda hanya perlu menyiapkan kendaraan yang fit dan skill mengemudi yang mumpuni. Penasaran dengan informasi penting dan menarik dari objek wisata Curug Pangeran Bogor ini? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Baca juga: Cibalung Happy Land Bogor: HTM, Fasilitas dan Daya Tarik 

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran Bogor

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah harga tiket masuknya. Mengingat objek wisata ini ada di bawah pengelolaan TNGHS, maka ada dua tiket masuk yang harus Anda beli. Yang pertama adalah tiket masuk untuk memasuki Taman Nasional Gunung Halimun Salak, sekitar Rp30.000 hingga Rp40.000 per motor. Harga tiket masuknya akan bervariasi untuk mobil, bergantung pada jumlah orang yang ada dalamnya.

Setelah memasuki gerbang TNGHS, Anda akan menuju ke lokasi Curug Pangeran Bogor dan membayar harga tiket masuk lagi. Nominalnya adalah Rp10.000 per orang dengan tambahan biaya parkir Rp5.000 per motor. Untuk mobil, biaya parkirnya adalah Rp10.000 per unit. Selain dari dua tiket masuk ini maka besar kemungkinan itu adalah oknum yang melancarkan aksi pungli, Anda harus berhati-hati.

Terdapat rate harga untuk sewa ban atau pelampung yang berkisar seharga Rp10.000 per buah. Kemudian bagi yang ingin berkemah, siapkan biaya tiket camping dengan harga Rp35.000 per orang. Perlu Sobat Djava ingat bahwa tarif-tarif ini bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola. Untuk informasi terbaru setiap saatnya dan reservasi, Anda bisa menghubungi nomor telepon resmi 085717726263 atau kunjungi Instagram @curugpangeran.official.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini telah memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan meskipun masih begitu sederhana. Seperti area parkir kendaraan yang luas, toilet, kamar bilas, musala untuk beribadah, dan warung makan. Tersedia juga penyewaan ban pelampung, camping ground, penginapan terdekat, hingga saung untuk beristirahat. Beberapa tempat sampah juga telah tersedia meskipun masih terbatas, jadi jangan buang sampah sembarangan, ya!

Adapun jam operasional objek wisata ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari di hari weekday agar tidak sesak pengunjung. Pastikan Anda datang saat cuaca cerah agar airnya tidak keruh.

Daya Tarik Curug Pangeran Bogor

Setiap air terjun tentu memiliki keindahan dan daya tariknya masing-masing, begitupun dengan Curug Pangeran Bogor. Curug ini memang hanya setinggi sekitar tujuh meter dengan aliran air yang tidak begitu besar meskipun terbilang cukup deras. Namun, keindahan alam di sekitarnyalah yang membuat curug ini bisa menarik banyak pengunjung setiap harinya. Salah satunya adalah kolam alami yang tepat berada di bawah aliran air terjun yang begitu jernih.

Saat terkena sinar matahari, kolam ini akan berwarna hijau kebiruan dengan kilauan yang memesona. Saking jernihnya, Anda bisa melihat bebatuan yang menjadi dasar dari kolam ini. Terdapat sebuah tali yang membentang di atas kolam sebagai batas aman bagi yang tak bisa berenang. Hal tersebut karena kedalaman kolam ini yang bervariasi dengan maksimum kedalaman hingga lima meter.

Jika Anda jago berenang, pastikan untuk ciblon dan merasakan kesegaran air di Curug Pangeran Bogor. Ingin menantang adrenalin? Cobalah untuk melakukan cliff jumping dari atas curug ke tengah kolamnya. Jika tak ingin melakukan hal ekstrem, duduk di bebatuan area curug sembari menikmati secangkir kopi akan menjadi aktivitas yang seru.

Anda bisa menghirup udara segar nan bersih sebanyak-banyaknya sembari memanjakan mata lewat panorama alamnya. Nuansa asri begitu kental berkat kombinasi dari pepohonan rindang, tanaman pakis, dan bebatuan yang menghiasi area curugnya. Jangan lupa untuk berfoto di depan curugnya yang instagramable, ya!

Alamat Lengkap

Curug Pangeran Bogor berlokasi di Pasir leunyit, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Sekitar 34 kilometer dari pusat kota dengan kontur jalan yang menanjak. Sebaiknya hindari menggunakan mobil ceper atau motor matic, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Ranggon Hills Bogor, Surganya Spot Foto di Ketinggian

Ranggon Hills Bogor merupakan sebuah taman rekreasi yang menyuguhkan keindahan hutan pinus dan pegunungan yang memanjakan mata. Objek wisata alam ini juga menjadi surga...

Shoka Bukit Senja, Spot Sunset Syahdu di Jogja

Shoka Bukit Senja merupakan sebuah tempat yang tepat untuk menikmati indahnya matahari terbenam di Jogja. Tempat wisata sekaligus warung ala kafe sederhana dengan tema...

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

Taman Rekreasi Sengkaling, Wisata Keluarga di Malang Raya

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan sebuah objek wisata alam keluarga dengan berbagai fasilitas liburan yang kekinian. Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya