Kamis, September 19, 2024

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini diikuti oleh ratusan warga berbagai kalangan setiap bulan Rabiul Awal.

Merlawu merupakan bentuk rasa syukur yang diwujudkan dalam tawasulan. Mendoakan orang terdahulu, nenek moyang atau karuhun, berdoa kepada Alloh SWT untuk senantiasa diberikan keselamatan.

Kemudian membersihkan area makan dan diakhiri dengan makan bersama atau botram. Merlawu juga sebagai bentuk penghargaan kepada para penyebar agama Islam di wilayah Tatar Galuh.

Tradisi tersebut telah dilakuka secara turun temurun. Warga Ciparigi tetap menjaga dan melestarikannya. Kegiatan tersebut juga kerap dihadiri oleh anak-anak sekolah hingga unsur pemerintahan, baik desa, kecamatan maupun kabupaten.

Ahmad Rizki Fauzi, Pegiat Sejarah dan Budaya dari Komunitas Cakra Mangsa yang bergerak di Bidang Pengembangan Budaya Sukadana menjelaskan tentang tradisi Merlawu.

Menurutnya, Merlawu merupakan upacara tradisi yang dilaksanakan di sejumlah desa di Ciamis. Menurut bahasa, Merlawu berasal dari dua kata. Kata mer berarti saling/berbagi dan lawuh artinya makanan/lalawuhan.

“Jadi Merlawu berarti makan bersama, saling mencicipi makanan, atau dalam arti lain adalah syukuran atas hasil panen,” ungkap Fauzi.

Antusiasme warga untuk mengikuti tradisi Merlawu di Situs Patapan sangar tinggi. Sehingga setiap tahunnya, ratusan warga baik warga lokal maupun daerah tetangga ikut menghadirinya. Dalam pengelolaannya, tradisi Merlawu dikelola oleh Paguyuban Manik Dipakusumah.

“Kemungkinan dulu Merlawu itu sederhana. Berangkat ke makam, kemudian bebersih, beberes menata makan. Setelah itu istirahat sambil botram makan bersama saling mencoba makanan antar warga. Seiring zaman, Merlawu ditambah dengan tausiah dan sedikit hiburan kesenian di luar area makam,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...

Upaya Koramil 1307 Kawali Dampingi Petani Ciamis Selamatkan Tanaman Padi saat Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah lahan pertanian di Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengalami kekurangan air dampak kemarau. Hal ini membuat tanaman padi terancam....

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya