Kamis, September 19, 2024

5 Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Menghadapi musim hujan perlu dilakukan dengan menyiapkan beberapa hal. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit yang rentan terjadi, seperti flu dan demam. Apabila terus terjadi hujan, lingkungan menjadi lembap. Hal tersebut memungkinkan virus dan bakteri lebih cepat menyebar.

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki dua musim. Yaitu musim hujan dan kemarau. Biasanya, Indonesia mengalami musim hujan saat memasuki bulan Oktober. Namun, prediksi itu bisa sewaktu-waktu berubah tergantung dengan kondisi lapisan udara dan permukaan tanah. Maka, penting rasanya untuk selalu berjaga agar tubuh tetap vit pada saat musim hujan tiba.

Menurut sebagian orang, hujan adalah momen indah di mana udara menjadi lebih dingin dan segar sehingga dapat memperbaiki suasana hati. Tapi, hujan juga menjadi tantangan bagi orang-orang yang memiliki pengalaman traumatis di kala hujan datang. Setiap orang memiliki tanggapan yang berbeda mengenai hujan. Namun, ada hal serupa yang harus disiapkan saat musim hujan tiba.

Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Tubuh Tetap Vit

Terdapat sederet tips menghadapi hujan yang bisa kamu lakukan agar kesehatan tetap terjaga. Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman dingin

Menghadapi musim hujan bukan hanya soal mempersiapkan perlengkapan penunjang. Tapi juga mengatur pola makan agar imun tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain harus memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, kamu juga harus menghindari makanan dan minuman dingin karena dapat menurunkan suhu tubuh yang bisa bikin kondisimu memburuk.

Gunakan pakaian tebal

Ketika hujan turun, kenakanlah pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh. Penting juga untuk selalu membawa atau menyiapkan jaket, sweater, serta pakaian tebal lainnya saat hendak bepergian. Gunakan pakaian tertutup supaya kamu tidak kedinginan sekaligus menurunkan risiko timbulnya penyakit yang tidak diinginkan seperti flu ataupun demam. 

Cuci tangan dengan benar

Menghadapi musim hujan bisa dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan supaya tidak ada virus yang menyerang. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir demi memperkecil risiko penyebaran infeksi, terutama apabila kamu sehabis dari luar. 

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Baik musim hujan ataupun bukan, tentu kamu harus memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi. Meskipun tidak merasa haus, penting untuk minum air yang cukup untuk membantu menghilangkan toksin sekaligus menjamin tubuh tetap terhidrasi. Kamu juga bisa mengonsumsi teh atau minuman hangat untuk mengurangi rasa sejuk.

Lakukan aktivitas fisik

Saat musim hujan, kegiatan di luar ruangan menjadi terbatas. Maka pelarian yang dipilih oleh hampir setiap orang adalah berdiam diri di rumah sambil menikmati gemercik air. Waktu turunnya hujan memang paling pas untuk tidur seharian atau bermalas-malasan. Nah, ini dia yang perlu ditinjau lebih lanjut. Meski tidak bisa keluar rumah, kamu tetap harus melakukan aktivitas fisik, misalnya berolahraga untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Itu dia 5 tips menghadapi musim hujan agar kesehatan tetap terjaga. Pastikan tubuhmu tetap vit dan terhindar dari penyakit. Sebab, lebih baik mencegah daripada mengobati. (Karin/Djavatoday)

5 Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan Selain Kedokteran yang Gak Kalah Berkualitas

Jurusan kuliah bidang kesehatan menjadi salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang cukup bagus. Pasalnya di tengah kemajuan globalisasi saat ini, secanggih apapun...

Cara Memandikan Bayi dengan Benar, Orang Tua Wajib Tahu!

Cara memandikan bayi dengan benar harus diketahui oleh semua orang tua. Supaya kulit tetap bersih dan sehat, Moms harus teliti dalam memandikan sang buah...

Dampak Buruk Melewatkan Sarapan, Bikin Tubuh Kekurangan Nutrisi

Dampak buruk melewatkan sarapan dapat menimbulkan efek kontraproduktif pada metabolisme. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi seandainya seseorang melewatkan sarapan. Sayangnya, tak sedikit orang...

5 Akibat Kekurangan Vitamin A Beserta Gejalanya

Dengan mengonsumsi vitamin A, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat penting untuk tubuh. Seperti menjaga kesehatan mata, meningkatkan produksi sel darah merah, hingga mengurangi...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya