Kamis, September 19, 2024

Hujan Deras, BPBD Catat Ada 9 Laporan Bencana Alam di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mencatat ada sebanyak 9 laporan bencana alam akibat hujan deras, Rabu (11/9/2024).

Adapun bencana alam tersebut yakni tanah longsor, rumah ambruk hingga pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, Ani Supiani mengatakan ada sebanyak 9 laporan yang masuk ke BPBD Ciamis terkait bencana alam akibat dari hujan deras dengan intensitas tinggi.

“Jumlah laporan tersebut sampai pukul 10.00 WIB itu dari beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis, adapun bencana alamnya itu dari mulai tanah longsor, rumah ambruk hingga pohon tumbang,” katanya.

Menurutnya, namun yang paling banyak itu adalah laporan rumah ambruk yakni ada 5 laporan yakni di Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti.

Kemudian, di Desa Bojonggedang, Kecamatan Rancah, Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng. Lalu ada satu bangunan sekolah di SDN 4 Kawunglarang, Desa Wangunsari Kecamatan Rancah.

“Kalau tanah longsor itu terjadi di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis,” tuturnya.

Sedangkan pohon tumbang dan ada yang menimpa rumah warga itu ada 3 laporan yakni di Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng, Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari.

“Satu lagi di Kelurahan Maleber Kecamatan Ciamis,” ucapnya.

Ani mengimbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan bencana alam seperti tanah longsor dan pergerakan tanah agar selalu waspada dan berhati-hati.

“Lalu kepada warga yang mempunyai pohon besar dan tinggi dekat dengan permukiman diharapkan dapat menebangnya, supaya tidak membahayakan,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya