Kamis, September 19, 2024

Tips Persiapan Wisuda, No 2 Jangan Sampai Lupa!

Tips persiapan wisuda kali ini akan memaparkan hal-hal apa saja yang perlu Sobat Djava lakukan sebelum resmi menjadi fresh graduate. Tak dapat kita pungkiri bahwa momen wisuda adalah hari bersejarah bagi banyak orang, bahkan mungkin sekali seumur hidupnya. Wajar saja karena untuk mendapatkan gelar sarjana di perguruan tinggi tidaklah mudah, butuh perjuangan panjang yang mayoritasnya begitu menguras energi. Berhadapan dengan banyaknya SKS, mengejar dosen, menyelesaikan tugas yang menumpuk, hingga kurang tidur selama sekitar 4 tahun lamanya.

Oleh karena itu, ketika masa studi berakhir, wisuda menjadi puncak klimaks yang menandakan mahasiswa telah berhasil melalui segala rintangannya. Momen wisuda pun akhirnya menjadi self reward tersendiri dan untuk menciptakan momen wisuda yang baik, Anda tentu memerlukan persiapan. Kira-kira, persiapan apa saja yang harus kita lakukan saat menjelang wisuda?

Baca juga: 5 Aplikasi Lowongan Kerja Online dengan Akses Gratis

5 Tips Persiapan Wisuda

Berikut kami hadirkan beberapa tips persiapan wisuda yang bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang sebentar lagi akan melaksanakannya. Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, ya!

Pastikan Administrasi Selesai

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum pergelaran wisuda adalah memastikan tak ada lagi urusan administrasi dengan kampus. Dalam artian, Anda sudah harus menyelesaikan segala revisi tugas akhir dan menyelesaikan administrasi kampus. Salah satunya adalah membuat surat keterangan bebas administrasi yang membutuhkan waktu. Jadi, sipakan hal ini dari jauh-jauh hari, ya!

Memilih Outfit Terbaik

Tampil menawan saat perayaan wisuda adalah hal yang harus Sobat Djava lakukan karena momen ini bisa jadi tidak terulang lagi. Maka tips persiapan wisuda yang berikutnya adalah memilih outfit terbaik untuk Anda kenakan saat momen tersebut. Biasanya untuk perempuan Indonesia akan menggunakan pakaian tradisional seperti kebaya atau gaun cantik yang elegan. Pilihlah kebaya mana yang akan Anda kenakan di hari spesial ini, pertimbangkan warna kain dan modelnya agar bisa tampil memesona.

Sementara itu, bagi laki-laki bisa memilih untuk mengunakan setelan jas atau kemeja formal saja. Outfit saat wisuda tidak hanya untuk calon wisudawan saja, lho. Anggota keluarga yang hadir saat perayaan kelulusan pun harus turut memilih outfit terbaiknya. Untuk tampilan yang lebih kompak, biasanya keluarga akan mengenakan pakaian dengan warna senada dengan wisudawannya.

Tampil dengan Make Up On Point

Tips persiapan wisuda yang berikutnya adalah tampil kece dengan sentuhan make up yang on point saat hari kelulusan. Untuk laki-laki, hal ini mungkin tidak begitu penting, tetapi bagi perempuan ini menjadi hal yang wajib. Memilih sentuhan make up bisa memengaruhi look mu secara keseluruhan. Ada dua pilihan bagi Anda yang ingin tampil menarik saat wisuda.

Jika Sobat Djava pandai dalam merias wajah, tak masalah jika ingin make up sendiri, jangan lupa gunakan kemampuan terbaikmu. Namun, bagi Anda yang tidak begitu lihai dalam ber-make up, sebaiknya jangan coba-coba melakukannya sendiri. Apalagi jika waktu sudah mepet ke hari wisuda yang artinya tak ada waktu untuk berlatih. Cukup memilih Make Up Artist atau MUA terbaik yang bisa membuatmu lebih cantik dan beraura!

Abadikan Momen dengan Berfoto

Tips persiapan wisuda yang selanjutnya adalah menyewa fotografer atau memilih studio foto yang terbaik untuk momen wisudamu. Di hari kelulusanmu yang berharga dengan pakaian dan make up terbaik bersama keluarga, sayang sekali jika tak Anda abadikan. Anda bisa memilih untuk melakukan sesi foto outdoor atau indoor di dalam studio. Jika mengikuti trend masa kini, foto outdoor memang lebih banyak digemari.

Anda bisa mengajak serta anggota keluarga dan teman untuk berfoto bersama saat momen wisuda tiba. Jangan lupa untuk menyewa fotografer dari jauh-jauh hari agar tidak keburu penuh. Juga jangan lupa untuk menyiapkan pose terbaik agar kenangan wisudamu terekam dengan baik.

Istirahat yang Cukup

Tips persiapan wisuda yang berikutnya adalah istirahat yang cukup, terutama sehari sebelum hari H. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat segar saat bangun di pagi hari dan bisa terabadikan dengan baik saat sesi pemotretan. Jangan lupa untuk melakukan apa yang sudah panitia tentukan pada saat gladi resik prosesi wisuda. Mulai dari kapan jam tiba di kampus, bagaimana teknis penerimaan ijazah, dan lainnya. (Rismawati/Djavatoday)

Tips Memilih Warna Kutek agar Kuku Terlihat Cantik dan Elegan

Tips memilih warna kutek bisa kamu tentukan dengan melihat warna kulitmu. Sebagai negara yang mempunyai keanekaragaman suku, bangsa Indonesia memiliki beberapa jenis warna kulit....

5 Jenis Bahan Kain yang Umum Kita Gunakan, Kenali Ciri serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis bahan kain ada banyak sekali loh. Bagi kita yang tidak terlalu mengerti mungkin sekilas semua kain terlihat sama. Namun faktanya kain-kain ini terdiri...

6 Cara Terbaik Menghilangkan Rasa Bosan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Menghilangkan rasa bosan tidak akan membingungkan jika kamu terus mencari dan mengulik macam-macam kegiatan yang disarankan. Pun, cobalah untuk menghilangkan sugesti bahwa cara mengatasi...

Cara Mudah Menanam Cabai Agar Cepat Berbuah

Cara mudah menanam cabai berikut ini bisa kamu coba di pot atau polybag. Langkahnya sederhana, kamu pasti bisa mengikutinya di rumah. Terutama buat kamu...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya