Kamis, September 19, 2024

KPU Ciamis Perpanjang Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis memperpanjang waktu pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis untuk Pilkada serentak tahun 2024 dari mulai tanggal 2 sampai 4 September 2024.

Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani mengatakan, sebagaimana diketahui bersama kemarin KPU Ciamis membuka pendaftaran dari tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024. Sampai batas akhir, hanya ada 1 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis.

“Dari pendaftaran awal memang disampaikan oleh calon Bupati dan Wakil Bupati bahwa 18 partai politik yang mendukung pasangan tersebut,” katanya, Sabtu (31/8/2024).

Namun, lanjut dia, sampai pukul 23.59 WIB pada akhir waktu pendaftaran. Dalam Silonkada hanya ada 15 partai politik. Artinya ada dua partai politik yang belum mengusung pasangan calon. Karena, 1 parpol yakni Partai Garuda dibatalkan keikutsertaannya di Pemilu kemarin.

“Jadi tinggal Partai Hanura dan PSI. Partai Hanura dan PSI itu sampai pukul 23.59 WIB tidak mengusung pasangan calon. Pada regulasi, apabila sampai pukul 23.59 WIB hanya satu pasangan calon, maka KPU harus melakukan perpanjangan pendaftaran, karena masih tersisa dua parpol,” ucapnya.

Oong menambahkan, meskipun suara dua partai politik itu tidak memenuhi syarat minimal yakni 55.555 suara, hanya tersisa itu 4.761 suara. Akan tetapi, KPU tetap harus melakukan perpanjangan pendaftaran.

Maka dari itu, perpanjangan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis untuk Pilkada tahun 2024 ini dari mulai tanggal 2 sampai 4 September 2024.

“Waktu pendaftarannya itu dari mulai tanggal 2 sampai dengan 4 September 2024,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya