Kamis, September 19, 2024

Sosok Herdiat-Yana Paslon di Pilbup Ciamis Satu-satunya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis telah menerima satu bakal pasangan calon yang akan berkontestasi di Pilbup Ciamis 2024. Pasangan tersebut Herdiat Sunarya dan Yana D Putra.

Dalam Pilbup Ciamis kali ini, Herdiat-Yana diusung dan didukung oleh 18 partai politik. Terdiri dari 10 partai yang memiliki kursi di DPRD Ciamis total 50 kursi yakni, PDIP, PAN, PKS, Golkar, Demokrat, Gerindra, PKB, PPP, Nasdem dan PBB.

Serta 8 partai non parlemen, Partai Buruh, Partai Perindo, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Ummat, PKN dan PSI. 

Diketahui, pasangan Herdiat-Yana sebelumnya adalah Bupati dan wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024. Pasangan ini diusung oleh 6 partai, yakni Gerindra, PKS, PAN, PBB, Demokrat dan Nasdem. Pada periode sebelumnya Herdiat-Yana memperoleh 415.767 suara atau 59,59 persen.

Mengalahkan pasangan petahana Iing Syam Arifin dan Oih Burhanudin yang memperoleh 281.947 suara atau 40,41 persen. Dengan selisih hampir 20 persen ini, maka KPU Ciamis menetapkan pasangan Herdiat-Yana sebagai pemenang.

Herdiat Sunarya yang lahir 10 Oktober 1960 awalnya merupakan seorang birokrat. Ia telah beberapa kali menduduki jabatan strategis di Pemkab Ciamis. Dari mulai kepala desa, camat, kepala bagian hingga terakhir menjabat sebagai Sekretaris Daerah Ciamis.

Sebelum pensiun, Herdiat juga sempat diturunkan menjadi staf di kantor Bappeda Ciamis. Setelah pensiun, Herdiat memilih terjun ke politik pada tahun 2018 dengan mengikuti Pilkada Ciamis.

Herdiat juga dikenal sebagai bupati yang cinta dengan berbagai olahraga terutama sepakbola. Ia juga merupakan pemilik atau CEO dari tim sepakbola Liga 3 Nasional PSGC Ciamis.

Sedangkan Yana D Putra merupakan seorang politisi dari Partai Amanat Nasional. Yana sempat menjadi anggota DPRD Ciamis selama tiga periode berturut-turut dari tahun 2004 sampai 2019. Bahkan ia menjadi wakil Ketua DPRD Ciamis.

Pria kelahiran 26 November 1976 ini juga merupakan Ketua DPD PAN Ciamis. Pada tahun 2019, Yana pun maju di Pilkada Ciamis menjadi pendamping Herdiat Sunarya.

Herdiat Sunarya, bakal calon Bupati Ciamis mengucapkan terima kasih kepada KPU Ciamis yang telah menerima bersama rombongan untuk mendaftar di Pilbup Ciamis.

“Satu komitmen untuk bersama memajukan Kabupaten Ciamis lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera. Kami yakin dengan kebersamaan apalagi diusung oleh seluruh partai politik mengusung dan mendukung pasangan HY. Ini motivasi kami, suplemen tersendiri insyaalloh kami akan menjalankan amanah sebaik baiknya seandainya Alloh SWT mengabulkan keinginan kita semua,” ucapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya