Jumat, September 20, 2024

207 Hektare Lahan Sawah di Ciamis Kekeringan Terancam Gagal Panen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kekeringan dampak musim kemarau saat ini mulai dirasakan. Berdasarkan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, jumlah luas lahan sawah kekeringan yang terancam gagal panen sebanyak 207 hektare yang tersebar di 5 kecamatan dari total luas lahan 2.184 hektare.

Rinciannya, Kecamatan Banjaranyar 12 hektare, Kecamatan Tambaksari 110 hektare, Kecamatan Rancah 65 hektare, Kecamatan Ciamis 10 hektare dan Kecamatan Kawali 10 hektare.

Sekdis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis Armina mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk menangani kekeringan. Baik dilakukan oleh petani atau pemerintah, seperti pompanisasi di sejumlah wilayah yang masih memiliki potensi air sungai atau sumur bor.

“Meminta petani untuk mengabdi komunitas tanaman dengan palawija. Supaya produktif pangan tidak terganggu meski kekeringan,” jelasnya.

Sejumlah petani di Ciamis kini dihadapkan dengan kegalauan, karena padi yang mereka tanam kini mengalami kekeringan hingga terancam gagal panen. Penyebabnya karena berkurangnya pasokan air di saluran irigasi.

Seperti yang dialami Didi, Kardi (54), lahan sawah seluas 300 bata yang digarapnya mengalami kekeringan akibat tidak mendapat pasokan air. Dari 300 bata itu, sebagian lahan yang sawah yang telah ditanami padi yang berusia 2 bulan kini dibiarkan. Sebagian lahan lagi ditanami oleh tanaman palawija, seperti kacang panjang, mentimun, sayuran dan cabai.

“Sudah tidak ada air yang mengalir dari saluran irigasi. Kalau seminggu ini tidak ada hujan, kemungkinan gagal panen,” ujar Didi Kardi saat ditemui di lahan sawahnya.

Sedangkan guna memenuhi keperluan air untuk tanaman palawija, Didi pun menggali sumur sedalam 5 meter secara manual. Namun untuk mengairi tanaman padi tidak akan cukup karena debit air sumur yang tidak terlalu banyak.

“Minggu kemarin bikin sumur untuk kebutuhan air tanaman palawija. Alhamdulillah airnya cukup, walaupun ditarik manual pakai ember,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya