Kamis, September 19, 2024

Kala Petugas BPBD Ciamis Nyelam Cari Kamera GoPro Turis Italia yang Jatuh di Leuwi Genteng

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tugas dari seorang Petugas BPBD Kabupaten Ciamis, tidak hanya menangani kebencanaan saja tapi lebih dari itu. Salah satunya dengan memberikan pertolongan bagi yang membutuhkan dalam berbagai hal.

Seperti pada Kamis (1/8/2024), anggota BPBD Ciamis membantu seorang turis asal Italia mencari sebuah kamera GoPro yang tenggelam. Kejadiannya di Obyek Wisata Leuwi Genteng (Curug Panganten), Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya.

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani membenarkan hal itu. Pertama call center BPBD Ciamis menerima laporan kehilangan barang berupa kamera GoPro milik wisatawan asing dan meminta bantuan untuk mencarinya.

Pihaknya pun langsung gerak cepat dengan menerjunkan petugas BPBD untuk ke lokasi kejadian. Petugas kemudian mempersiapkan alat selam, karena kamera GoPro itu jatuh di bagian sungai yang cukup dalam (Leuwi).

“Namanya juga ada laporan dan meminta bantuan, tentunya pasti kita tanggapi. Bukan hanya soal barangnya, tapi mungkin isi dokumen di dalamnya yang memang berharga. Kami langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan pencarian,” ungkap Ani.

Ani menjelaskan, bule asal Italia itu memiliki Kitas (kartu izin tinggal sementara) di Bali. Kemudian bersama seorang guide, bule bernama Lion itu berwisata ke Curug Panganten, Leuwi Genteng di Sadananya Ciamis.

Menurut keterangan dari guide kepada petugas BPBD, saat itu GoPeo tersebut sedang digunakan untuk merekam pemiliknya yang sedang berenang. GoPro tersebut di simpan di atas sebuah batu. Namun diduga batu jadi licin karena percikan air, GoPro itu pun jatuh ke dasar sungai.

“Kemudian, guide menyampaikan laporan ke BPBD Ciamis, untuk meminta bantuan mencari Go-Pro yang tercebur,” ungkapnya.

BPBD Ciamis pun kemudian menerjunkan Tim Search and Rescue ke lokasi pada pukul 10.00 WIB. Setelah melakukan berbagai persiapan, tim memulai pencarian dengan cara menyelam.

“Alhamdulillah, Go-Pro ditemukan pada pukul 11.34 WIB,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...

Upaya Koramil 1307 Kawali Dampingi Petani Ciamis Selamatkan Tanaman Padi saat Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah lahan pertanian di Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengalami kekurangan air dampak kemarau. Hal ini membuat tanaman padi terancam....

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya