Jumat, Oktober 18, 2024

Warga Botram di Alun-Alun Ciamis Usai Pawai Taaruf Tahun Baru Islam 1446H

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah umat Islam di Ciamis melakukan pawai taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H, Minggu (7/7/2024). Usia pawai taaruf, masyarakat kemudian botram atau makan bersama di Alun-alun Ciamis.

Masyarakat yang mengikuti pawai taaruf Tahun Baru Islam datang dari berbagai wilayah ke perkotaan. Peserta menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Ada pun peserta pawai taaruf yang datang dari Kecamatan Panjalu, Panumbangan, Cikoneng, Cihaurbeuti, Sadananya, Baregbeg, Ciamis dan juga Cijeungjing. Usai pawai, mereka tidak pulang melainkan mengunjungi Alun-alun Ciamis lalu botram bersama rombongannya.

Maman Abdurahman peserta pawai taaruf rombongan dari Panumbangan mengatakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram kali ini sangat meriah seperti pada tahun sebelumnya.

Menurutnya, tahun lalu peserta lebih antusias karena ketika datang ke Ciamis kota yang menjadi tujuan peserta pawai bisa beriringan masuk ke Pendopo Ciamis dan disambut oleh Bupati.

“Alhamdulilah, peserta pawai yang saya pimpin kali ini mereka merasa cukup senang meski tidak ada penyambutan dari bupati. Kami sudah merencanakan untuk langsung botram di Alun-alun Ciamis,” ungkapnya.

Nanang, panitia pawai taaruf, asal Kecamatan Panjalu, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk syiar Islam. Jumlah peserta pawai taaruf dari Panjalu sampai ratusan unit kendaraan.

“Peserta menggunakan mobil, truk, bak terbuka, odong-odong dan sepeda motor,” ucap Ustaz Nanang ketika memandu kegiatan.

Peserta Pawai Taaruf Membludak disela-sela acara tersebut, banyak warga yang langsung ke Alun-alun dan langsung botram. Kali ini tidak masuk ke Pendopo Ciamis.

“Waktu tahun lalu saya beserta rombongan pawai masih bisa masuk halaman Pendopo. Tapi mungkin untuk tahun ini bupatinya sudah habis masa jabatannya jadi tidak ada penyambutan, mudah-mudahan untuk tahun yang akan datang bisa dan lebih meriah lagi,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan. Desa ini memanfaatkan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya