Selasa, September 17, 2024

Desa Panjalu Ciamis Raih Skor IDM Tertinggi, Peringkat Pertama di Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2024 mengalami peningkatan. Pada tahun 2023 sebanyak 178 desa berstatus mandiri, kini tahun 2024 menjadi 210 desa.

Hal tersebut diumumkan dalam Deklarasi IDM Pemkab Ciamis Tahun 2024 di Gedung KH. Irfan Hielmy, Kabupaten Ciamis, Rabu (26/6/2024).

Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengaku bangga atas capaian perkembangan status desa di Kabupaten Ciamis yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Sehingga dengan bangga saya mengatakan bahwa kenaikan IDM pada tahun ini menjadi salah satu kado terindah bagi hari jadi Ciamis yang ke 382,” katanya.

Ada 32 desa di Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 ini yang naik status dari desa maju menjadi mandiri. Status desa maju 48 desa.

Selanjutnya Kecamatan mandiri sebanyak 23 meningkat sebanyak 6 kecamatan tahun 2024 dari tahun 2023 sebanyak 17 kecamatan. Skor IDM Kabupaten Ciamis yaitu 0,8567.

“Saya mengucapakan terima kasih atas raihan ini. Semua berkat dari kerja keras kepala desa beserta jajarannya, camat beserta jajarannya, dan juga OPD se-Kabupaten Ciamis. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai instansi pembina Desa, yang bergandeng tangan memajukan pembangunan di Desa” ungkapnya.

Perkembangan status desa di Ciamis. Tahun 2019 sebanyak 8 desa, Tahun 2020 sebanyak 19 Desa, Tahun 2021 sebanyak 45 desa, Tahun 2022 sebanyak 116 desa. Tahun 2023 sebanyak 178 desa dan Tahun 2024 sebanyak 210 Desa Mandiri, 48 desa Maju. Skor IDM tertinggi Tahun 2024 masih dipegang oleh Desa panjalu.

“Desa Panjalu menempati peringkat pertama di tingkat Provinsi Jawa Barat dan posisi 5 besar di Indonesia,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini...

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

KPU Ciamis Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan Rakor Persiapan Pembentukan Anggota KPPS untuk Pilkada tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu...

Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Adminduk untuk Pemilih Pemula di Kawali

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil (Disdukcapil) Ciamis membuka layanan administrasi kependudukan (Adminduk) terutama perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Kecamatan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya