Kamis, September 19, 2024

Lima Partai Politik Koalisi Usung Herdiat-Yana Jilid 2 di Pilbup Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- lima partai politik di Ciamis, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN dan PBB sepakat koalisi pada Pilbup Ciamis 2024. Kelima partai itu mengusung Herdiat Sunarya dan Yana D Putra untuk bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Partai koalisi tersebut telah memenuhi syarat dengan mengantongi 23 kursi DPRD. Sedangkan syaratnya 20 persen dari perolehan kursi DPRD Ciamis atau 10 kursi. Rinciannya, Partai Gerindra 6 kursi, PAN 7 kursi, Golkar 5 kursi, Nasdem 4 kursi dan PBB 1 kursi.

“Alhamdulillah sudah sepakat hari ini. Lima partai koalisi sepakat mengusung Herdiat dengan pendampingnya Yana D Putra,” ujar Pipin Arif Apilin, Ketua Tim Koalisi Ciamis Maju yang juga Ketua DPC Partai Gerindra. Deklarasi dikerjai dilakukan di rumah makan di daerah Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Minggu (9/6/2024).

Pipin menyatakan terbuka apabila ada partai lain yang ingin ikut bergabung sebagai partai pendukung.

“Andaikan ada penambahan partai otomatis sebagai pendukung,” katanya.

Pipin menyebut, rekomendasi dari DPP masing-masing partai koalisi saat ini masih dalam proses. Pipin pun berharap rekomendasi dari pusat keluar sebelum deklarasi.

“Rekomendasi dari setiap partai koalisi menyusul, sekarang kan sedang proses,” ungkap Pipin.

Sementara itu, Herdiat Sunarya menyatakan Herdiat-Yana siap maju di Pilkada serentak 2024. Herdiat dengan partai koalisi sepakat meneruskan perjuangan terutama memajukan dan menyejahterakan masyarakat Ciamis.

“Insya Allah, kita Bismillah Lillahitaala untuk maju pada Pilkada 2024,” tegasnya.

Herdiat mengungkapkan sempat beranggapan Yana D Putra juga akan maju sebagai Bupati. Namun beberapa waktu lalu, Yana menyatakan siap bersama-sama maju dengan Herdiat pada Pilbup Ciamis.

“Saya berpikir realistis. Partai Golkar telah menyurvei calon wakil bupati. Calon wabup yang paling tinggi popularitas, elektabilitas, dan elektoralnya adalah Yana. Kenapa tidak kalau Pak Yana masih mau bersama-sama kami,” jelas Herdiat.

Sementara itu, Yana D Putra menyampaikan terima kasih kepada Herdiat karena kembali menerimanya untuk mendampinginya lima tahun ke depan.

“Untuk lima partai koalisi saya ucapkan terima kasih telah menerima saya dan mengusung pasangan Herdiat-Yana di Pilkada 2024,” ujar Yana. (Ayu/CN/Djavatoday)

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...

Upaya Koramil 1307 Kawali Dampingi Petani Ciamis Selamatkan Tanaman Padi saat Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah lahan pertanian di Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengalami kekurangan air dampak kemarau. Hal ini membuat tanaman padi terancam....

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya