Jumat, Oktober 18, 2024

Anjing Liar Teror Rajadesa Ciamis, 8 Domba Mati

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Teror anjing liar terjadi di Desa Rajadesa, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Sebanyak 8 domba di Komplek Kandang Program Ketahanan Pangan Pemdes Rajadesa, ditemukan mati di kandangnya.

Domba itu mengalami luka di leher dan paha. Kejadiannya pada Kamis (30/5/2024). Warga saat ini resah dengan keberadaan anjing liar yang berkelompok itu.

Sekretaris Desa Rajadesa Tata Priatna membenarkan kejadian tersebut. Pihak desa mendapat laporan dari pengelola sebanyak 8 kambing di kandang program ketahanan panganan mati. Hampir semua domba mengalami luka di leher dan paha.

“Dugaan domba itu diserang kawanan anjing liar. Kejadiannya Kamis kemarin dini hari. Warga ada yang melihat ada anjing yang bergerombol padahal di sini tidak ada yang memelihara anjing,” ujar Tata.

Tata menjelaskan domba tersebut adalah investasi penguatan ekonomi warga lewat program ketahanan pangan 2023-2024. Pemdes Rajadesa pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ciamis.

“Kondisi kandang memang cukup jauh dari permukiman warga, jadi anjing liar itu leluasa untuk menyerang domba di dalam kandang. Untuk delapan domba itu sudah kami kubur,” kata Tata.

Guna mencegah kerugian akibat domba diserang anjing liar, Pemdes Rajadesa pun akan berkoordinasi dengan Polsek Rajadesa dan juga Koramil Rajadesa atau Perbakin. Salah satu upayanya dengan memburu anjing liar tersebut.

“Kalau anjing liarnya belum kami ketahui pasti jumlahnya ada berapa, ada yang melihat 4 sampai 5 ekor. Kami akan berupaya untuk memburu atau juga mengusir anjing liar itu supaya kejadian ini tidak kembali terulang dan warga tidak khawatir lagi,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan. Desa ini memanfaatkan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya