Minggu, September 8, 2024

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat (17/5/2024) siang.

Beruntung tidak ada korban jiwa ketika atap bangunan ambruk. Ruangan laboratorium tersebut sebelumnya telah dikosongkan karena kondisinya yang sudah lapuk.

Atap bangunan laboratorium berukuran 12 x 12 meter ambruk. Kejadian tersebut membuat kaget para siswa, karena saat ambruk masih dilaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Tidak ada korban jiwa karena kondisi ruangan sudah dalam keadaan kosong. Pihak sekolah sudah mengantisipasi dengan mengeluarkan peralatan lab untuk mengurangi dampak kerugian lebih besar.

Menurut informasi, atap bangunan Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican itu pernah direhab ringan pada tahun 2011.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Erwan Darmawan telah mendatangi lokasi kejadian atap bangunan sekolah ambruk. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pihak sekolah.

“Untuk penanganan jangka pendek, kami sudah menginstruksikan kepada sekolah untuk melakukan pengamanan dan keselamatan siswa, supaya tidak mengganggu proses belajar mengajar,” ujar Erwan, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Erwan, atap ruang Laboratorium IPA itu karena kondisinya sudah lapuk dan sudah tua. Pihak sekolah pun sebelumnya telah mengantisipasi dengan mengosongkan ruangan tersebut.

“Bangunan itu sudah tidak terpakai, kondisinya sudah lapuk. Pihak sekolah sudah mengamankan isi lab IPA itu dan sudah menggunakan bangunan lain,” kata Erwan.

Langkah selanjutnya, Disdik Ciamis pun akan melakukan penghapusan aset untuk bangunan tersebut. Bangunan itu akan diratakan mengingat menimbulkan kekhawatiran. Menurutnya melihat kondisi bangunan itu sudah tidak mungkin lagi dilakukan rehab.

“Akan diajukan penghapusan aset dulu. Setelah itu kita akan melakukan kajian dan analisa, apakah sekolah membutuhkan ruang kelas baru. Kami juga akan diskusi dengan komite dan sekolah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya