Sabtu, Mei 18, 2024

Saluran Irigasi di Panawangan Ciamis Longsor, Pasokan Air ke Sawah Terganggu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tebing saluran irigasi Cisalak di Dusun Palasari, Desa Bangunjaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, longsor. Perisitwa itu terjadi Minggu (21/4/2024).

Tebing longsor itu menutup area persawahan warga di bawahnya. Saluran irigasi Cisalak pun terputus sehingga pasokan air ke sawah dan kolam ikan terganggu.

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani membenarkan kejadian tersebut. Saluran irigasi itu longsor diduga karena tidak kuat menahan guyuran hujan dengan curah yang sangat tinggi.

“Tebing longsor dan saluran irigasi Cisalak jebol setelah hujan deras mengguyur wilayah Panawangan,” ungkap Ani.

Ani menjelaskan dampak dari saluran irigasi Cisalak jebol, saluran air untuk mengairi pesawahan dan kolam milik warga untuk saat ini terganggu.

“Saluran irigasi Cisalak 1 dan 3 jebol sehingga saluran air terhenti,” jelasnya.

Ani mengatakan, akibat saluran irigasi Cisalak 1 dan Cisalak 3 jebol maka perlu secepatnya diperbaiki. Saluran irigasi tersebut sangat vital untuk mengairi lahan pertanian dan kolam milik warga di daerah itu.

“Kebutuhan Mendesak
perbaikan saluran irigasi Cisalak 1 dengan panjang 20 meter. Permohonan pembuatan saluran irigasi Cisalak 1 dengan panjang 80 meter serta permohonan pembuatan saluran irigasi Cisalak 3 sepanjang 300 meter,” ucapnya.

Ani melanjutkan, sampai saat ini saluran irigasi yang jebol tersebut akibat tergerus longsor masih belum mendapat penanganan.

“Saluran irigasi masih belum diperbaiki dan material longsoran menimbun area pesawahan milik warga,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...

Bedak Saripohatji, Kosmetik Legendaris di Ciamis yang Masih Bertahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bedak Saripohatji merupakan kosmetik yang legendaris di Kabupaten Ciamis. Pabrik bedak yang dibuat oleh Marijah di tahun 1927 tersebut kini masih...

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya