Rabu, Mei 22, 2024

Kawasan di Ciamis Ini Bakal Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis akan segera memiliki destinasi wisata dengan kelas premium yang akan dikembangkan oleh Pemprov Jawa Barat. Lokasi wisata yang ditunjuk berada di kawasan Panjalu Raya, yakni Kecamatan Sukamantri dan Panjalu sekitarnya.

“Ya di Ciamis ke depan dicoba akan konsep pengembangan wisata premium. Lokasinya berada di kawasan Panjalu Raya,” ujar Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana, Sabtu (6/4/2024).

Dian menjelaskan wisata premium tersebut menyajikan wisata tradisional, destinas yang masih memiliki originalitas. Baik alam, bangunan hingga kebudayaan.

Salah satu destinasi wisatanya adalah Mini Ranch di Desa Cibeureum Sukamantri dengan keunggulan alam agrowisatanya, embung danau yang masih perawan dan Situs Batu Panjang yang hampa sama dengan Gunung Padang Cianjur.

“Di Sukamantri ini ada 5 destinasi dengan luas 61 hektare akan dikembangkan,” ungkapnya.

Kemudian, masih di satu kawasan tepatnya di Kecamatan Panjalu terdapat Situ Lengkong Panjalu. Nantinya di destinasi tersebut akan terbagi dari wisata umum, religi dan wisata budaya lainnya.

“Dikembangkan dengan penunjang wisata tersebut. Jadi di Panjalu ini terbagi ada wisata premium dan umum,” ucapnya.

Menurut Udeng, untuk prosesnya saat ini dari tim Dinas Pariwisata Jabar sudah melakukan survei. Hanya ada beberapa kabupaten saja di Jabar yang akan dikembangkan jadi wisata premium.

“Kami juga sudah melakukan presentasi. Secara letak geografis Panjalu ini menguntungkan,” ucapnya.

Lokasi Panjalu dan Sukamantri hanya 90 menit dari Bandara Kertajati dengan akses jalan yang bagus. Kemudian dari Jalan Nasional Gentong hanya ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

“Dengan akses yang mudah ini maka kawasan Panjalu Raya dipilih untuk dikembangkan jadi destinasi wisata premium. Lengkap wisata religi, wisata ziarah, wisata olahraga dan permainan air,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Anggota Samapta Polres Ciamis Dikenalkan Penggunaan Elektrik Gun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis Polda Jabar memperkenalkan penggunaan senjata elektrik gun kepada semua anggota personel Satuan Samapta Polres Ciamis. Pengenalan senjata ini dilaksanakan Ruang...

11 Kali Berturut-turut Pemkab Ciamis Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Prestasi luar biasa ditorehkan kembali oleh Pemkab Ciamis. Sudah 11 kali berturut-turut, Pemkab Ciamis meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari...

Babak 16 Besar Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Libas NZR Sumbersari 1-2

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil melibas NZR Sumbersari 1-2 pada laga pertama grup 2 babak 16 Liga 3 Nasional. Pertandingan tersebut digelar di...

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya