Jumat, Oktober 18, 2024

SMKN 1 Rancah Ciamis Juara di Festival Film, Borong 2 Piala Sekaligus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SMKN 1 Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berhasil menorehkan prestasi. Sekolah kejuruan ini  meraih juara pada dua ajang festival film pada bulan Desember ini.

Yakni festival film dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Kategori Pelajar Terbaik Digital Movie Competition 2020 dan Festival Film Pelajar Jogja pemenang program kompetisi nasional Gong Award.

Film yang dibuat oleh para pelajar Ciamis ini menceritakan tentang kondisi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Dari film itu banyak dinamika yang diceritakan. Mulai dari banyak yang terkendala mulai dari sinyal, tidak punya kuota internet, hingga permasalahan ekonomi.

Namun uniknya dalam film ini sekelompok siswa yang dipimpin oleh tokoh Wildan mencoba membuat inovasi. Para siswa ini berinisiatif untuk merakit radio yang  dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolahnya. Sehingga dengan keterbatasan yang ada mereka tetap bisa belajar.

Eggy Aditiar Produser sekaligus sebagai Guru Pembimbing Ekstrakurikuler Film SMKN 1 Rancah mengatakan proses pembuatan film ini dimulai dari bulan Agustus 2020 lalu.  Dibuat untuk mengikuti lomba festival film.

“Film ini dibuat pada bulan Agustus. Ceritanya tentang para siswa yang harus melakukan pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19 dengan segala persoalan yang terjadi,” ucapnya.

Eggy mengatakan melalui film ini sedikitnya bisa memberikan motivasi bagi para siswa. Agar tetap giat belajar meski dalam kondisi keterbatasan. Serta memberikan semangat kepada siswa untuk terus berinovasi, mengeluarkan ide dan kemampuannya sehingga dapat berguna di masa depan nanti.

Kepala SMKN 1 Rancah Drs. H. Joko Maryoto mengaku bangga atas prestasi anak didiknya dan merupakan kado istimewa di penghujung tahun ini.

“Saya merasa sangat bangga atas prestasi yang diraih ini, semoga ke depan bisa terus berprestasi memberikan yang terbaik. Ini juga sebagai bekal bagi mereka setelah lulus nanti,” ujarnya. (CN/Djavatoday)

Film My Annoying Brother: Sinopsis, Daftar Pemain, dan Jadwal Tayang

Film My Annoying Brother merupakan adaptasi dari film berjudul sama yang berasal dari Korea. Dalam film ini, kamu akan hanyut dalam jalan cerita yang...

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya