Kamis, Mei 9, 2024

Damkar Ciamis Evakuasi Ular Sanca 3 Meter Pemangsa Ayam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petugas Damkar Ciamis mengevakuasi ular sanca kembang dengan panjang 3 meter dari rumah warga di Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Ciamis, Rabu (27/3/2024). Ular tersebut sebelumnya ditangkap warga saat memangsa ayam dari dalam kandang.

Warga bernama Didi Suparman setelah menangkap ular itu sempat akan memelihara ular sanca kembang itu. Bahkan Didi sudah memasukan ular itu ke dalam kotak kayu khusus. Tapi karena ular itu sangat agresif, Didi pun takut akan mengancam bila terus memeliharanya.

Atas saran dari warga lain, Didi melaporkan dan meminta bantuan Damkar Ciamis untuk melakukan evakuasi. Pada Rabu (27/4/2024) dini hari, petugas Damkar Ciamis langsung mendatangi lokasi dan mengevakuasinya.

“Ular sanca ini kami peroleh dari masyarakat tadi dini hari,” ujar Seprinda Suherman, Petugas Damkar Ciamis.

Seprinda menjelaskan pada saat dievakuasi dari boks kayu, ular sanca itu nampak masih agresif. Tapi dengan alat khusus, ular sanca itu berhasil dimasukan ke dalam karung dan dibawa ke kantor UPTD Damkar Ciamis.

“Jadi awalnya ular ditangkap dari kandang ayam dan berencana dipelihara. Ini kan dari alam bukan peliharaan. Tapi warga yang akan memeliharanya bingung dan takut akhirnya lapor ke Damkar Ciamis,” ungkapnya.

Ular sanca 3 meter ini rencananya akan Damkar Ciamis serahkan ke BKSDA. Supaya ular sanca itu mendapat penanganan lebih lanjut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan memelihara ular karena bisa membahayakan. Sebaiknya menghubungi petugas untuk mengevakuasinya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Hebat! 95 Lulusan SMA Negeri 1 Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 95 Siswa SMA Negeri 1 Ciamis tahun 2024 berhasil masuk perguruan tinggi negeri favorit. Mereka masuk melalui jalur Seleksi Nasional...

Festival Literasi dan Numerasi Sukses Digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Literasi dan Numerasi Sukses digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara Ciamis, pada Selasa, 7 Mei 2024. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),...

Terpopuler

Lainnya