Minggu, Mei 12, 2024

Warga Ciamis Antusias Sambut Arak-arakan Piala Adipura Kencana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menggelar arak-arakan Piala Adipura Kencana, Rabu (6/3/2024). Arak-arakan itu disambut antusias masyarakat dan pelajar.

Anugerah Adipura Kencana ini merupakan penghargaan tertinggi yang diterima Pemkab Ciamis dari Presiden RI melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Arak-arakan Piala Adipura Kencana dimulai dari perbatasan Ciamis tepatnya di Cihaurbeuti. Kemudian menuju arah perkotaan. Di perkotaan Piala Adipura Kencana dibawa berkeliling ke komplek Islamic Center, pasar, terminal, Alun-alun kemudian berakhir di pendopo.

Antusiasme masyarakat dan pelajar nampak terlihat disepanjang jalan. Mereka berjejer dan melambaikan tangan ke Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan kepada petugas yang membawa Piala Adipura Kencana.

Rombongan arak-arakan diikuti juga oleh ratusan pasukan ungu atau petugas kebersihan yang sangat berperan dalam menjaga kebersihan perkotaan Ciamis.

Anugerah Adipura Kencana kategori kota kecil ini tentunya kebanggaan bagi warga Tatar Galuh. Terlebih Ciamis merupakan daerah di Jabar yang pertama kali dan satu-satunya yang meriah anugerah tertinggi di bidang kebersihan itu.

“Ini semua berkat kesadaran, partisipasi dan kepedulian masyarakat Ciamis yang konsisten terhadap kebersihan lingkungan,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Bupati Herdiat menyebut kabupaten/kota lain untuk mendapatkan penghargaan tersebut harus mengeluarkan modal ratusan miliar untuk pengelolaan sampah.

“Tapi di kabupaten Ciamis hanya bermodalkan kesadaran masyarakat. Alhamdulillah Presiden Republik Indonesia menobatkan Anugerah Adipura Kencana Tahun 2023 kepada kita semua,” ungkap Herdiat.

Bupati Herdiat pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan juga paling utama kepada pasukan ungu. Pasukan ini telah berperan besar atas diraihnya Piala Adipura Kencana.

Sebelum meraih Anugerah Adipura Kencana, Kabupaten Ciamis telah meraih Adipura sebanyak 11 kali berturut-turut. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kalahkan Persikasi 1-0, PSGC Ciamis Raih 3 Poin Pertama di Babak 32 Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil mengalahkan Persikasi Bekasi dengan skor tipis 1-0. Pertandingan ini merupakan laga pertama grup 3 Liga 3 Nasional babak...

Dandim Ciamis Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gerakan Panen dan Tanam Padi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Selamet Budi Wibowo mendampingi Dirjen tanaman...

Jumat Berkah, Para Pengemudi Pemda Ciamis Bagikan Nasi Boks

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Para sopir Pemda Ciamis yang tergabung dalam Komunitas Gabungan Pengemudi Pemda Ciamis (GPPC) membagikan nasi boks melalui kegiatan Jumat berkah, (10/5/20254)....

Silaturahmi Jelang Pilkada, Ketua PAN Ciamis Yana Siap Jadi Pendamping Bupati yang diusung Golkar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Pengurus PAN Ciamis melakukan silaturahmi ke Partai Golkar jelang Pilkada 2024, Kamis (9/5/2024). Dalam kesempatan itu, Ketua DPD PAN Ciamis...

Terpopuler

Lainnya