Selasa, Mei 14, 2024

Warga Karangampel Ikuti Tradisi Mupunjung di Situs Kiai Malangkarsa Jelang Ramadan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Mupunjung di Situs Kiai Malangkarsa, Senin (4/3/2024). Tradisi ini dig lwrna tiap Senin terakhir menjelang Bulan Ramadan.

Kiai Malangkarsa merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam pertama di Desa Karangampel. Hadir juga dalam kegiatan tersebut unsur Pemdes Karangampel, tokoh ulama dan keturunan Kiai Malangkarsa. Mereka antusias mengikuti tradisi tersebut.

Tradisi Mupunjung digelar warga Desa Karangampel sejak dulu secara turun temurun sebagai rasa suykur kepada Sang Pencipta atas rezeki yang telah dilimpahkan.

Kegiatan digelar selama satu hari yang diawali dengan melakukan doa bersama di lokasi makam keramat Kiyai Malangkarsa. Kemudian dilanjutkan dengan makan nasi tumpeng bersama.

Tradisi Mupunjung ini merupakan salah satu bentuk kegiatan masyarakat Desa Karangampel dalam melestarikan warisan leluhur.

“Upacara adat ini sudah sejak dulu, sejak zaman nenek moyang. Tentunya sebagai penerus wajib melestarikan tradisi ini jangan sampai hilang dan terlupakan,” ujar Kades Karangampel Asep Yudi Ruhyana.

Menurut Asep, Tradisi ini mengadung filosofi dan makna yang dapat diambil. Selain menjaga dan melestarikan tradisi leluhur, juga dalam menyambut bulan suci Ramadan. Sebagai sarana silaturahmi antar warga serta saling memaafkan sebelum melaksanakan ibadah puasa.

“Banyak hikmah yang dapat diambil dari mupunjung ini. Masyarakat berkumpul sambil silaturahmi kemudian berdoa bersama. Setelah itu makan bersama saling berbagi, di situlah letak kebersamaan yang terus kita jaga sampai sekarang,” ucap Asep. (Andra/CN/Djavatoday)

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5/2024). Sidak tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi. Ada...

Babak 32 Besar Liga Nasional, PSGC Ciamis Ditahan Imbang Dejan FC 2-2

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis meraih hasil imbang dalam laga kedua grup 3 babak 32 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis berbagi poin dengan...

Upaya Dinas Pariwisata Ciamis Antisipasi Pungli di Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Ciamis pun berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap pungutan liar (pungli di berbagai obyek wisata di Ciamis. Baik yang dikelola...

Dua Pemuda di Ciamis Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Ciseel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua orang pemuda Egi (29) dan Rizki Riza (29) dikabarkan tenggelam saat berenang di Sungai Ciseel, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya