Minggu, Mei 19, 2024

Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Berat Diterjang Tebing Longsor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menimbulkan bencana tebing longsor, Minggu (4/2/2024) sore. Akibatnya satu rumah rusak setelah diterjang tebing longsor dan satu rumah terancam terseret.

Yulianti, Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, membenarkan kejadian tersebut. Rumah yang rusak diterjang longsor milik Dede Hunah warga Desa Bendasari, Kecamatan Sadananya. Sedangkan satu rumah yang terancam terseret longsor milik Ibrohim.

“Tebing longsor menerjang rumah di Desa Bendasari. Kejadiannya saat hujan deras pukul 16.30 WIB,” ujar Yulianti.

Yulianti menjelaskan tebing tersebut longsor imbas dari guyuran hujan dengan intensitas tinggi hampir setiap hari. Air masuk ke rongga tanah yang membuat tebih labil dan longsor menerjang rumah.

“Rumah rusak pada bagian tembok, jebol terdorong tebing longsor. Kemudian kondisi rumahnya juga sudah doyong dan khawatir ambruk,” ungkapnya.

Rumah milik Dede kini sudah tidak dapat dihuni karena kondisinya rusak berat. Sementara pemilik rumah mengungsi ke rumah kerabatnya, khawatir ambruk.

“Untuk rumah milik pak Ibrohim terancam terseret tebing longsor,” katanya.

Yulianti mengatakan warga setempat bergotong royong mengevakuasi material longsoran. Terutama tanah longsor yang menutupi saluran air.

“Material longsoran itu jug menutupi saluran air. Sehingga kalau tidak secepatnya mendapat penanganan akan memperparah kondisi longsor,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya