Minggu, September 8, 2024

Gelar Tradisi Ngagubyag di Ciamis, Amansyah Purba Jadikan Pesta Demokrasi Riang Gembira

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Ketua TPN Capres nomor urut 3, Amansyah Purba mengatakan bahwa pesta demokrasi harus menjadi riang gembira Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikannya saat dijumpai pada kegiatan Ngagubyag di Kelurahan Linggasari Ciamis, pada Minggu, 28 Januari 2024.

Untuk mewujudkan pesta demokrasi riang gembira, relawan Ganjar-Mahfud melakukan kegiatan sosialisasi capres nomor urut 3 kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar tradisi Ngagubyag di Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis.

Tradisi Ngagubyag tersebut sangat menarik perhatian. Ada ratusan warga yang mengikuti acara tersebut.
Selain Ngagubyag, mereka juga diberi doorprizze oleh panitia, di antaranya sebuah sepeda.

“Saya sangat senang melihat antusias warga yang ikut Gubyag, dan juga sepanjang saya kampanye ini adalah hal menarik yang saya temui,” ungkap Amansyah.

Menurut Alamsyah, Ngagubyag merupakan kearifan lokal yang perlu dipertahankan. Tradisi tersebut banyak mengandung makna yang berarti. Selain mereka mendapat ikan, ada sisi gotong royong atau kebersamaan, juga kompetisi memdapatkan ikan sebanyak- banyaknya.

“Di zaman sekarang orang sudah enggan berkotor-kotoran, mereka lebih suka nongkrong di mall. Alhamdulillah di Ciamis warga masih banyak yang mempertahankan tradisi tersebut,” ujarnya.

Rian, warga Linggasari salah satu yang ikut memeriahkan Ngagubyag, mengaku senang ikut Ngagubyag yang di adakan relawan Ganjar- Mahfud. “Saya sangat senang, dan juga turut mendoakan pak Ganjar-Mahfud menjadi Pemenang Pilpres tahun ini,” pungkasnya. (Nung/CN/Djavatoday)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya