Jumat, Mei 10, 2024

Empat Layanan di Dishub Ciamis Tidak Lagi Dipungut Retribusi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4 layanan yang ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis pada tahun 2024 ini tidak lagi dipungut retribusi alias gratis.

4 layanan Dishub Ciamis itu yakni Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor, Pelayanan Kendaraan Penumpang dan Bus Umum Terminal, Pelayanan Izin Trayek dan juga Pengendalian Lalu Lintas penggunaan ruas jalan tertentu (retribusi Bongkar Muat).

Sekretaris Dishub Ciamis Rissa Sugara membenarkan hal tersebut. Pada tahun ini 4 layanan yang ada di Dishub Ciamis tak lagi ditarik retribusi. Hal itu dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Berdasarkan juga Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak dan Retribusi Daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

“Sesuai amanat undang-undang untuk layanan yang tidak boleh dipungut pada tahun 2024. Yakni Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor. Pelayanan Kendaraan Penumpang dan Bus Umum Terminal. Pelayanan Izin Trayek dan juga Pengendalian Lalu Lintas penggunaan ruas jalan tertentu (retribusi Bongkar Muat).” Ujarnya.

Menurut Rissa, kebijakan itu sudah berlaku sejak 1 Januari 2024. Sejak saat ini Dishub Ciamis pun tak lagi melakukan pungutan retribusi untuk 4 layanan tersebut.

Meski demikian, masih ada beberapa layanan yang berpotensi menjadi pendapatan asli daerah. Meski pun kini kehilangan PAD dari 4 layanan. Ada pun layanan yang retribusinya masih berjalan adalah pelayanan parkir tepi jalan umum, layanan parkir tempat khusus di luar badan jalan dan pemanfaatan aset daerah seperti sewa lahan toko, toilet terminal. (Ayu/CN/Djavatoday)

Silaturahmi Jelang Pilkada, Ketua PAN Ciamis Yana Siap Jadi Pendamping Bupati yang diusung Golkar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Pengurus PAN Ciamis melakukan silaturahmi ke Partai Golkar jelang Pilkada 2024, Kamis (9/5/2024). Dalam kesempatan itu, Ketua DPD PAN Ciamis...

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Hebat! 95 Lulusan SMA Negeri 1 Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 95 Siswa SMA Negeri 1 Ciamis tahun 2024 berhasil masuk perguruan tinggi negeri favorit. Mereka masuk melalui jalur Seleksi Nasional...

Terpopuler

Lainnya