Sabtu, Mei 11, 2024

Dishub Ciamis Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Menuju Pangandaran saat Libur Nataru

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Pangandaran diprediksi menjadi tujuan masyarakat untuk mengisi libur natal, libur sekolah dan tahun baru 2024. Jalan Nasional Ciamis biasa dilintasi oleh para pelancong yang akan berwisata ke Pangandaran. Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur Ciamis, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna mengatakan ada beberapa titik crowded di jalur Cihaurbeuri-Cisaga dan Banjarsari Ciamis. Yakni di Simpang Imbanagara, Pasar Imbanagara, Simpang Pasar Cisaga dan Pasar Banjarsari.

“Memang ada beberapa titik crowded di jalur Cihaurbeuti sampai Cisaga yang biasa dilalui oleh para wisatawan yang akan ke Pangandaran,” ungkap Dadang,
Sabtu (23/12/2023).

Dishub Ciamis pun kerja sama dengan Polri untuk melakukan rekayasa lalu lintas. Sejumlah jalur alternatif telah disiapkan untuk mengalihkan kendaraan yang akan menuju Pangandaran.

Pertama, kendaraan yang datang dari arah Barat yang menuju ke Pangandaran dialihkan ke Jalur Lingkar Selatan di Simpang Imabanagara. Kendaraan kemudian diarahkan menuju Bojong Cimaragas dan keluar di Kertahayu Pamarican.

“Kendaraan yang masuk ke Ciamis bisa dipecah dan juga tidak semua masuk kota tapi dialihkan ke Lingkar Selatan,” ujar Dadang.

Kedua, apabila terjadi crowded di Jalan Banjarsari, petugas Dishub di lapangan akan mengarahkannya ke Jalan Simpang Banjarsari menuju Kalijaya Banjaranyar. Kendaraan menuju Langkaplancar dan sampai di Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

“Informasi dari Kemenhub masyarakat yang akan berwisata ke Pangandaran saat nataru bisa mencapai 5 juta. Jadi akan memanfaatkan jalur alternatif dari Simpang Banjarsari. Itu sudah bagus dan sudah dihotmix, layak pakai,” ucapanya.

Dishup Ciamis optimis dengan memanfaatkan dua jalur alternatif itu bakal mengatasi kemacetan di wilayah perkotaan. Bisa juga membantu mengurangi penumpukan kendaraan ketika masuk wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Memanfaatkan jalan itu kemacetan yang biasa terjadi semoga tidak akan terjadi,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jumat Berkah, Para Pengemudi Pemda Ciamis Bagikan Nasi Boks

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Para sopir Pemda Ciamis yang tergabung dalam Komunitas Gabungan Pengemudi Pemda Ciamis (GPPC) membagikan nasi boks melalui kegiatan Jumat berkah, (10/5/20254)....

Silaturahmi Jelang Pilkada, Ketua PAN Ciamis Yana Siap Jadi Pendamping Bupati yang diusung Golkar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Pengurus PAN Ciamis melakukan silaturahmi ke Partai Golkar jelang Pilkada 2024, Kamis (9/5/2024). Dalam kesempatan itu, Ketua DPD PAN Ciamis...

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Terpopuler

Lainnya