Selasa, Mei 14, 2024

Rekayasa Lalu Lintas, Dishub Ciamis Arahan Kendaraan Menuju Cirebon via Simpang Ramona

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jalur tengah di kawasan Alun-alun Ciamis kini dihilangkan setelah dilakukan revitalisasi beberapa waktu lalu. Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis pun melakukan rekayasa lalu lintas agar pengendara dapat dengan nyaman dan aman melintasi Ciamis.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dishub Ciamis dengan mengarahkan kendaraan yang datang dari arah Banjar atau Jawa Tengah yang menuju Cirebon. Biasanya kendaraan dari arah tersebut sebelumnya melintasi jalur tengah Ciamis.

Kini kendaraan tersebut diarahkan belok kanan di Simpang Ramona. Kemudian menuju Kelenteng jalan Ampera, lalu belok kiri menuju jalan RE Martadinata Ciamis selanjutnya menuju arah Kawali dan Cirebon.

Sedangkan untuk kendaraan yang dari arah Tasikmalaya yang menuju Cirebon disarankan masuk belok kiri ke jalan Siliwangi di Simpang Tonjong.

“Kami lakukan rekayasa lalu lintas, kendaraan dari arah Banjar yang akan menuju Kawali-Cirebon belok kanan dari Simpang Ramona,” ujar Dadang Mulyatna, Rabu (22/11/2023).

Dadang pun mengakui, jalan dari Simpang Ramona menuju Jalan RE Martadinata memiliki kekurangan. Seperti kendaraan yang tidak terlalu lebar dan adanya PKL yang berjualan. Namun pilihan jalan itu yang terbaik mengingat kondisi ketersediaan jalan.

“Kendala memang cukup besar, dengan manuver kendaraan besar, itu di sana kan ada PKL. Tapi sementara ke arah sana karena memang ketersediaan jalan,” jelasnya.

Selain itu rekayasa lalu lintas, guna mencegah kemacetan di wilayah perkotaan, Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis memasang papan larangan parkir di sepanjang lokasi Alun-alun Ciamis.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kemacetan kendaraan di pusat kota. Jalan tersebut juga merupakan jalan nasional.

Sejak selesai direvitalisasi, Alun-alun Ciamis kembali ramai dikunjungi masyarakat terutama pada sore hari. Pengunjung yang datang dengan menggunakan sepeda motor banyak yang memarkirkan kendaraannya di pinggir lokasi Alun-alun Ciamis. Mengingat saat ini sudah tidak ada jalan di tengah Alun-alun yang biasa menjadi kantong parkir.

“Kami telah menyiapkan kantung-kantung parkir untuk para pengunjung Alun-alun,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5/2024). Sidak tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi. Ada...

Babak 32 Besar Liga Nasional, PSGC Ciamis Ditahan Imbang Dejan FC 2-2

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis meraih hasil imbang dalam laga kedua grup 3 babak 32 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis berbagi poin dengan...

Upaya Dinas Pariwisata Ciamis Antisipasi Pungli di Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Ciamis pun berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap pungutan liar (pungli di berbagai obyek wisata di Ciamis. Baik yang dikelola...

Dua Pemuda di Ciamis Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Ciseel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua orang pemuda Egi (29) dan Rizki Riza (29) dikabarkan tenggelam saat berenang di Sungai Ciseel, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya