Senin, Mei 13, 2024

Alhamdulillah, Petani Desa Saguling Ciamis Tetap Panen Raya di Musim Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Para petani di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, patut bersyukur. Meski saat ini musim kemarau panjang, pada petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Jembar Motekar dan Poktan Hikmah masih bisa panen raya.

Mereka saat ini panen di lahan seluas 25 hektar. Berkah ini tentunya berkat kegigihan mereka yang terus menanam dan merawat padi sekali pun kemarau panjang.

Neni Heryani, seorang petani mengaku sangat bersyukur atas berkah dan nikmat dari sang pencipta. Walau pun musim kemarau, ia tetap bisa panen. Ladang yang Neni miliki masih mendapat pasokan air. Panen ini tentunya sangat membantu Neni di tengah harga beras yang kini cukup tinggi.

“Harga beras sekarang sudah Rp 15 ribu. Alhamdulilah sekarang panen raya, tentunya sangat membantu untuk mengatasi harga beras yang sedang mahal,” ujar Neni, Jumat (3/11/2023).

Sementara itu, Haer Hernara, Ketua Gapoktan Desa Saguling mengatakan para petani blok Sawah Kelewih saat ini bergembira. Kini tanaman padi di lahan seluas 25 hektar sudah menguning dan siap panen.

“Alhamdulillah sudah mau panen, tentunya kami sangat bersyukur. Di saat tempat lain kekeringan dan membutuhkan air, di sini bisa panen raya. Ini merupakan berkah dan nikmat yang harus disyukuri,” jelasnya.

Panen raya ini sangat tepat dan dapat membantu para petani dan warga ketika harga beras sedang tinggi. Sehingga sedikitnya dapat meringankan beban biaya hidup hingga harga beras kembali normal. (Andra/CN/Djavatoday)

Upaya Dinas Pariwisata Ciamis Antisipasi Pungli di Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Ciamis pun berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap pungutan liar (pungli di berbagai obyek wisata di Ciamis. Baik yang dikelola...

Dua Pemuda di Ciamis Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Ciseel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua orang pemuda Egi (29) dan Rizki Riza (29) dikabarkan tenggelam saat berenang di Sungai Ciseel, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten...

Kalahkan Persikasi 1-0, PSGC Ciamis Raih 3 Poin Pertama di Babak 32 Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil mengalahkan Persikasi Bekasi dengan skor tipis 1-0. Pertandingan ini merupakan laga pertama grup 3 Liga 3 Nasional babak...

Dandim Ciamis Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gerakan Panen dan Tanam Padi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Selamet Budi Wibowo mendampingi Dirjen tanaman...

Terpopuler

Lainnya