Kamis, September 19, 2024

Wabup Ciamis: Negara yang Kuat Adalah yang Mencintai Agamanya

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra menyebut bahwa kebangsaan dan keislaman merupakan dua tata nilai yang membentuk dan membangun manusia Nusantara.

“Warga negara Indonesia yang utuh bukan hanya memiliki persepsi kebangsaan yang kuat tetapi tidak memiliki nilai agama,” ujar Yana.

Hal tersebut Wabup Ciamis sampaikan pada kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis, Rabu (9/8/2023) di Aula Setda Ciamis.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriah sekaligus tasyakur hari kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia.

“Warga negara Indonesia yang kuat adalah mereka yang mencintai agamanya secara tulus, berikhtiar dan berkomitmen dalam membangun bangsanya dengan sepenuh hati,” tambah Yana.

Selain itu, Yana juga menyampaikan dalam momentum tahun baru islam dan menyambut hari kemerdekaan sejatinya menjadi spirit untuk membangun kebersamaan.

Kemudian, keagamaan dan kebangsaan, sebagai tanggungjawab moral untuk mewujudkan bangsa dan negara kita menjadi lebih baik.

“Perjalanan dan perjuangan yang tak kenal lelah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat dan kaum muslimin ketika berhijrah,” ucapnya.

“Seperti halnya perjuangan rakyat indonesia untuk meraih kemerdekaan penuh dengan tantangan dan rintangan,” tambahnya.

Yana menuturkan, bahwa dua momentum bersejarah tersebut meski berbeda peristiwanya, tetapi memiliki spirit yang sama yaitu mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.

“Dua peristiwa yang bersejarah ini, melekat dalam memori umat Islam, sebagai modal berharga dan penyemangat untuk terus mengabdi bagi agama, bangsa dan negara,” ujarnya.

Maka dari itu Yana mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama menyambut kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat dengan senantiasa menjaga kondusifitas.

“Dengan peringati tahun baru Islam dan tasyakur hari kemerdekaan ini, semoga masyarakat Ciamis senantiasa mendapatkan ridha dan keberkahan,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...

Upaya Koramil 1307 Kawali Dampingi Petani Ciamis Selamatkan Tanaman Padi saat Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah lahan pertanian di Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengalami kekurangan air dampak kemarau. Hal ini membuat tanaman padi terancam....

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya