Minggu, Mei 19, 2024

Fakultas Hukum Unigal Ciamis Sosialisasikan Kitab Undang-undang Hukum Pidana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Fakultas Hukum (FH) Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis mensosialisasikan Kitab Undang-undang Hukum Pidana melalui seminar Internasional, Selasa (11/7/2023).

Tema dalam seminar tersebut yakni Pemberlakukan UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana Antara Peluang dan Tantangan. Dalam seminar itu, Fakultas Hukum Unigal Ciamis menghadirkan profesor asal Philipina.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Galuh Enju Juanda mengatakan seminar tersebut tujuannya memberikan wawasan kepada peserta. Mulai dari dosen, akademisi dan mahasiswa.

“Melalui seminar untuk mensosialisasikan bahwa Indonesia sudah memiliki Kitab Undang-undang produk Nasional. Sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2023. Berlaku 3 tahun setelah penetapan,” jelasnya.

Sebagaiman diketahui, UU Nomor 1 tahun 2023 itu disahkan pada 2 Januari 2023. Maka UU tersebut akan berlaku pada 2 Januari 2026. Sehingga sosialisasi ini sangat penting, untuk perguruan tinggi, pengajar, pendidik, peneliti dan pengabdian terhadap masyarakat.

“Untuk sosialisasi UU nomor 1 tahun 2023 di Ciamis sepertinya masih kurang bahkan nyaris tidak ada. sehingga kita fakultas hukum menginisiasi itu, walaupun tidak semua materi yang tercakup dalam UU tersebut dapat terkontaminasi pada seminar internasional ini,” ungkapnya.

Ia juga berharap fakultas hukum unigal memberikan sumbangsih pemikiran sosialisasi terhadap pemberlakuan undang-undang nomor 1 tahun 2023.

“Anggaplah fakultas hukum sebagai kaum intelektual untuk mencoba mengkaji terutama mensosialisasikan baik lokal wisdem, nasional wisdem, dan internasional wisdem,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya