Minggu, September 8, 2024

Kendalikan Penyakit Ikan Gurame, Disnakkan Ciamis Bina Pembudidaya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis kolaborasi dengan Perhimpunan Perikanan Ciamis dalam mengendalikan hama atau penyakit ikan gurame. Salah satunya dengan workshop dan temu lapang dengan pada pembudidaya ikan.

Kegiatan tersebut digelar di Rumah Surundeng Cap Koki, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Rabu (21/6/2023).

Dalam kegiatan itu, Disnakkan Ciamis memberikan pembinaan dan mengupas kendala dalam budidaya ikan gurame. Mulai dari penyakit atau hama ikan gurame segera permasalahan lingkungan serta solusi mengatasinya.

Workshop dan temu lapang tersebut diikuti oleh kelompok pembudidaya ikan gurame dari 27 kecamatan.

Kepala Disnakkan Ciamis Syarief Nurhidayat mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada pembudidaya terkait penyakit ikan gurame. Termasuk juga kesehatan lingkungan tempat budidaya.

“Para pembudidaya nantinya bisa memahami dan mengendalikan hama ikan gurame. Sehingga dapat meningkatkan produksi, kualitas serta saya saing. Harapannya ke depan kesejahteraan pembudidaya ikan Ciamis meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PPC Hendar Suhendar mengatakan workshop dan temu lapang ini merupakan bagian dari program PPC. Pada 2023 ini PPC telah mengagendakan 4 kegiatan ekspo atau temu lapang.

Pertama wilayah Kecataman Sindangkasih, kemudian Kecamatan sekarang Kecamatan Baregbeg.

“Insya Allah bulan September nanti Kecamatan Sukadana, dan terakhir Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar,” ungkap Hendar.

Dalam program tersebut, PPC menggandeng Disnakkan Ciamis khususnya bidang pengendalian hama. Dengan kegiatan ini, pada pembudidaya ikan memiliki pembelajaran untuk mengatasi dan mengendalikan penyakit ikan gurame. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya