Senin, April 29, 2024

5 Julukan Kabupaten Ciamis yang Wajib Diketahui Milenial

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap daerah memiliki julukan yang menunjukan berbagai faktor kondisi sosial masyarakat, kondisi wilayah. Begitu juga dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang memiliki sejumlah julukan yang belum banyak orang terutama milenial mengetahuinya.

Berikut 5 julukan Kabupaten Ciamis menurut Dinas Pariwisata Ciamis dan penjelasannya.

Kota Pensiun

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menjelaskan julukan Kota Pensiun kepada Ciamis itu muncul sekitar tahun 1980-an. Ketika itu pembangunan Ciamis belum masif, sehingga kondisinya sangat sunyi dan sepi. Bahkan pada waktu itu Alun-alun pun belum dibangun seperti sekarang ini.

Kemudian banyak warga Ciamis yang menjadi pejabat di berbagai daerah, baik di Jawa Barat maupun di provinsi lain. Mereka biasanya menetap di tempat tugasnya. Namun ketika memasuki masa pensiun, mereka akan kembali ke Ciamis untuk menikmati masa tua.

Kota Galendo

Sudah terkenal bahwa kudapan Galendo yang terbuat dari ampas minyak kelapa ini merupakan makanan khas Ciamis. Sebagai bukti orang sudah datang ke Ciamis yakni membawa oleh-oleh Galendo.

Galendo di Ciamis sudah ada cukup lama. Itu ketika Bupati Galuh RAA Kusumandiningrat (1839-1886) memiliki kebijakan setiap pengantin wajib menanam pohon kelapa. Alhasil, hasil kelapa di Ciamis pun melimpah.

Kemudian berdiri industri minyak kelapa yang cukup masif di Ciamis, baik besar maupun skala rumah tangga. Ampas minyak kelapa itu ternyata enak dimakan dan diberi nama Galendo.

Kota Karuhun

Ciamis juga sebagai Kota Karuhun. Hal itu tidak terlepas dari sejarah panjang Ciamis dan Galuh. Banyak warga Ciamis yang merantau ke berbagai daerah di Indonesia sejak dulu hingga menetap di perantauan hingga beberapa generasi.

Namun ketika ditanya, mereka tetap menyebut Karuhun atau asal muasalnya dari Ciamis. Jadi banyak orang Ciamis yang merantau ke luar daerah karena dulu Ciamis sudah ada jadi kampung tua.

Ciamis Kota Manis

Munculnya julukan Kota Manis ini ada di era kepemimpinan Bupati Ciamis Dedem Ruchlia (1993-1998). Ketika itu, ia memiliki selogan Ciamis Manis yang artinya Menawan Asri Nyaman Indah Sehat.

Bukan tanpa alasan, selogan itu juga menggambarkan kondisi warga Ciamis terutama kaum perempuan yang manis dan Cantik. Bukan hanya cantik secara fisik, namun juga cantik secara perilaku.

Kota Seribu Situs

Kini Ciamis juga punya julukan terbaru, yakni sebagai Kota Seribu Situs. Disbudpora Ciamis baru-baru ini telah melakukan inventarisir dan pendataan peninggalan zaman dulu berupa situs di berbagai titik. Hasilnya ada 1200 lebih situs yang sudah tercatat. Bahkan Pemkab Ciamis masih terus melakukan penelusuran situs. (CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya