Jumat, Oktober 18, 2024

Desa di Ciamis Jadi Percontohan Kampung Perikanan Cerdas oleh BRDSM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dusun Banjarwaru, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menjadi percontohan Kampung Perikanan Cerdas atau Fisheries Village (SFV) oleh Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRDSM) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kampung Perikanan Cerdas adalah program BRDSM KKP RI yang bertujuan meningkatkan produksi Budi daya ikan darat.

Dalam kesempatan ini, pihak BRDSM KKP RI melakukan pertemuan dengan Pemkab Ciamis yang diwaliki oleh Sekda Ciamis Tatang. Pertemuan berlangsung di ruang Oproom Setda Ciamis.

“Kami hadir ke Ciamis menjadikan Desa Kawali sebagai pilot proyek program SFV. Kami berkomitmen dengan masyarakat Desa Kawali untuk meningkatkan produksi budi daya ikan darat,” ujar Bagian Pengembangan Perikanan BRDSM KKP RI Lili Aprilii Astuti, Rabu (3/5/2023).

Kampung Perikanan Cerdas ini juga sebagai upaya untuk mengembangkan potensi desa. Salah satunya mengembangkan potensi perikanan. Sehingga kapasitas masyarakat yang budi daya ikan lebih cerdas dan dapat meningkatkan produksinya.

“Kami akan terus pantau dan bina selama satu tahun. Ini program berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Tatang, Sekda Ciamis menyambut baik atas penunjukan Desa Kawali sebagai percontohan Kampung Perikanan Cerdas. Tentunya pihak KKP RI memiliki alasan tertentu menunjuk Desa Kawali Ciamis.

“Di sana ada Kampung Nila, sehingga menjadi proyek percontohan program tersebut,” jelasnya.

Tatang berharap tidak hanya Desa Kawali saja yang mencari percontohan, namun juga desa lainnya. Ke depan program ini dapat memotivasi masyarakat desa lainnya dalam hal budi daya ikan. (Andra/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan. Desa ini memanfaatkan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya