Kamis, Mei 9, 2024

Suasana Terminal Ciamis saat Libur Lebaran Telah Usai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Libur lebaran Idul Fitri 1444 H telah berakhir. Tapi Terminal Ciamis masih cukup ramai dengan para calon penumpang yang menunggu bus untuk kembali ke perantauan setelah mudik Lebaran.

Seperti terlihat pada Rabu (26/4/2023), terjadi penumpukan penumpang di jalur bus keberangkatan. Para penumpang terlihat sedang menunggu bus yang datang terlambat ke Terminal Ciamis lantaran terjebak macet dari arah Barat.

Penumpang tersebut terpaksa menunggu hingga 1 jam sebelum bus yang akan mengangkutnya tiba. Umumnya mereka akan berangkat ke daerah Jabodetabek. Namun juga ada beberapa diantaranya yang akan ke daerah Jawa Tengah.

“Mau ke Wonosobo, sudah menunggu lumayan dari Jam 9 sampai jam 10.00 WIB. Bus nya belum datang mungkin macet,” ujar Siti Aisah, warga Imbanagara Ciamis yang akan ke daerah Wonosobo saat ditemui di Terminal Ciamis.

Sementara itu, berdasarkan data dari UPTD Terminal Ciamis, lonjakan penumpang mulai terjadi sejak Minggu (23/4/2023). Jumlah penumpang yang akan ke daerah Jabodetabek sebanyak 3.312 penumpang atau meningkat 90 persen.

Kemudian pada hari berikutnya, Senin (24/4/2023), penumpang yang berangkat dari Ciamis ke Jabodetabek 4.060 penumpang dan Selasa (25/4/2023) sebanyak 4.608 penumpang.

“Ya memang untuk penumpang cukup melonjak dari hari biasanya. Namun untuk saat ini semua dapat teratasi oleh armada bus yang masuk ke Terminal Ciamis sebanyak 100 bus lebuh. Jadi tidak menggunakan armada cadangan,” ungkap Aceng Supriadi, Kepala UPTD Terminal Ciamis.

Aceng pun mengakui sempat terjadi penumpukan penumpang. Namun hal tersebut karena bus angkutan mudik balik lebaran yang masuk Terminal Ciamis terlambat datang akibat macet di Jalur Selatan terutama di Gentong dan Nagreg.

“Ya penumpukan penumpang terjadi karena bus datang terlambat. Penumpang harus menunggu. Tapi beberapa jam juga datang dan semuanya bisa terangkut menuju daerah masing-masing,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Hebat! 95 Lulusan SMA Negeri 1 Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 95 Siswa SMA Negeri 1 Ciamis tahun 2024 berhasil masuk perguruan tinggi negeri favorit. Mereka masuk melalui jalur Seleksi Nasional...

Festival Literasi dan Numerasi Sukses Digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Literasi dan Numerasi Sukses digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara Ciamis, pada Selasa, 7 Mei 2024. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),...

Terpopuler

Lainnya