Kamis, Mei 9, 2024

Alun-alun Direnovasi, Pemkab Ciamis Tetapkan Salat Idul Fitri di Taman Raflesia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menerapkan lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri tingkat Kabupaten Ciamis dilaksanakan di Taman Raflesia. Hal tersebut karena Alun-alun Ciamis saat ini sedang dalam proses pembangunan atau renovasi.

Kabag Kesra Setda Ciamis Ihsan Rasyad menuturkan berbagai pertimbangan Taman Raflesia menjadi lokasi untuk salat Idul Fitri 1444 H. Yakni untuk memudahkan akses masyarakat terutama warga perkotaan tidak terlalu jauh untuk salat id.

“Supaya masyarakat perkotaan bisa salat Idul Fitri di lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat semula. Sekaligus juga untuk menunjukan kepada warga perantau yang sekarang mudik, bahwa saat ini Ciamis terus berbenah,” ujar Ihsan Rasyad, Rabu (19/4/2023).

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifin mengatakan hal yang sama. Taman Raflesia jadi tempat untuk salat id ini atas hasil rapat PHBI Ciamis pada Senin (17/4/2023).

“Pertimbangannya, lokasi tersebut masih tengah kota sehingga masyarakat mudah menjangkaunya,” ucapnya.

Meski demikian, DKM Masjid Agung Ciamis memberikan beberapa catatan. Salah satunya bilik penutup proyek pembangunan Alun-alun Ciamis harus tertutup dengan menggunakan kain. Sehingga tidak terlihat kumuh dan layak untuk menggelar salat id.

“Kalau kondisi cuaca tiba-tiba hujan, jemaah langsung bisa kami alihkan ke Masjid Agung karena lokasinya yang tidak terlalu jauh,” terangnya.

Wawan juga mengimbau kepada jemaah yang hadir, supaya dapat menjaga ketertiban dan kelancaran dalam pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 H. Meski pun dengan keterbatasan tempat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Hebat! 95 Lulusan SMA Negeri 1 Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 95 Siswa SMA Negeri 1 Ciamis tahun 2024 berhasil masuk perguruan tinggi negeri favorit. Mereka masuk melalui jalur Seleksi Nasional...

Festival Literasi dan Numerasi Sukses Digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Literasi dan Numerasi Sukses digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara Ciamis, pada Selasa, 7 Mei 2024. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),...

Terpopuler

Lainnya