Minggu, Mei 19, 2024

Cara Disdik Ciamis Tingkatkan Layanan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Ciamis terus berupaya untuk meningkatkan layanan pendidikan. Baru-baru ini telah memberikan pelatihan pembenahan akar masalah rapor pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan inklusif.

“Melalui kegiatan pelatihan pembenahan akar masalah rapot pendidikan ini harapannya pendidikan inklusif di Ciamis bisa terwujud dan terlaksana,” ujar Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat, Jumat (17/3/2023).

Asep mengatakan saat ini semua sekolah harus bisa memberikan layanan pendidikan inklusif. Sehingga sekolah tidak boleh memarjinalkan peserta didik terutama yang berkebutuhan khusus.

“Semua anak itu adalah unik dan semua anak harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang maksimal. Baik anak pada umumnya maupun yang berkebutuhan khusus,” ungkap Asep.

Harapannya, pendidikan inklusif di Kabupaten Ciamis dapat terwujud. Anak pada umumnya dan berkebutuhan khusus dapat terlayani secara maksimal.

“Tidak ada alasan. Semua guru bisa melayani bagaimana menyikapi anak-anak berkebutuhan khusus,” jelasnya.

Baca Juga: Peringati HUT Satpol PP, Bupati Ciamis: Pelayanan Prima kepada Masyarakat

Melalui pelatihan ini, pihaknya menginginkan guru sekolah dasar menjadi guru konseling yang memberikan pelayanan baik.

“Karena di SD itu tidak ada guru konseling khusus seperti di SMP. Semua guru kelas harus bisa mengkonseling siswanya,” jelasnya.

Kadisdik Ciamis berpesan, bagi para guru yang telah mengikuti pelatihan tersebut agar memahami dan melatih untuk lebih profesional. Sekaligus juga dapat menularkannya kepada teman-teman guru yang lainnya.

“Semoga guru yang telah ikut pelatihan dapat menularkannya kepada guru yang lain yang memang pada kesempatan ini tidak dapat mengikutinya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya