Kamis, Mei 16, 2024

Hati-hati! Penipu Catut Nama Wabup Ciamis Modus Pencarian Dana Bantuan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Foto dan nama wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra dicatut dan dipakai untuk melakukan penipuan. Modusnya sang pelaku mengaku bisa membantu pencarian proposal dana hibah masjid.

Kepala Dinas Kominfo Ciamis Tino Armyanto membenarkan adanya pencatutan nama Wabup Ciamis yang diduga digunakan untuk menipu. Penipuan itu dilakukan melalui pesan WhatsApp.

Tino mendapat laporan dari ajudan Wabup Ciamis bahwa ada nomor WhatsApp yang memakai foto Yana D Putra mengirimkan pesan ke masyarakat. Namun nomor tersebut berbeda dengan nomor yang biasa digunakan.

“Saya dapat kiriman nomor WhatsApp berikut profilnya Wakil Bupati. Setelah kami cek itu pelaku penipuan dengan mencatut nama Wabup Ciamis. Hanya memakai foto profil pak Wabup dengan beberapa pejabat,” ungkap Tino kepada detikJabar, Rabu (15/3/2023).

Sang penipu mencoba menipu salah seorang warga pengurus Masjid. Dalam isi pesannya, penipu itu bisa membantu mencairkan proposal dana hibah untuk masjid.

“Beruntung masyarakat yang jadi sasaran tidak sampai melakukan transfer uang. Warga yang bersangkutan langsung menanyakan dan melaporkan hal itu ke ajudan,” ujar Tino.

Prihal pencatutan nama wakil Bupati Ciamis tersebut, Diskominfo Ciamis telah melakukan pengaduan konten ke Kominfo RI. Meminta supaya akun WhatsApp tersebut diblokir.

Tino mengimbau masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk tidak mudah percaya dengan pesan yang tiba-tiba masuk mengatasnamakan Bupati, wakil Bupati maupun pejabat lainnya. Kemudian melakukan pengecekan atau melaporkan langsung ke Diskominfo Ciamis atau aparat pemerintah terdekat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Siswa SMA Informatika Ciamis Dapat Motivasi Kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan siswa SMA Informatika Ciamis mendapat motivasi kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma. Motivasi dari pengembang rumah bersubsidi terbesar...

Pj Bupati Ciamis Lepas Penyaluran Beras Pemerintah Bantuan Pangan 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2024 Kabupaten Ciamis tahap dua alokasi April-Juni. Pelepasan...

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati...

4 Cabor Ciamis Berhasil Lolos ke Popda Jabar 2025

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 4 dari 8 cabang olahraga (cabor) yang diikuti atlet Kabupaten Ciamis dalam Popwilda 2024 berhasil lolos dan berhak ikut dalam Popda...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya