Sabtu, Mei 4, 2024

Musim Hujan, BPBD Ciamis Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Kepala BPBD Ciamis, Dadang Darmawan menyebut ada beberapa kecamatan yang rawan akan bencana longsor saat musim hujan tiba.

“Sebenarnya ada beberapa kecamatan, namun yang paling potensi longsor itu ada di 5 kecamatan di Kabupaten Ciamis,” katanya, Jumat (24/2/2023).

Dadang mengatakan, adapun 5 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Panawangan, Sukamantri, Panjalu, Jatinegara dan juga Rajadesa.

“Ada beberapa juga kecamatan yang rawan akan longsor, seperti halnya daerah yang kemiringan tanahnya itu sekitar 40 persen,” katanya.

Pada musim hujan sendiri, selain rawan akan bencana tanah longsor tapi ada juga bencana lainya.

Yaitu banjir, termasuk ada beberapa daerah di Ciamis yang rawan akan banjir.

Seperti halnya di Kecamatan Cihaurbeuti dan daerah yang dekat dengan bantaran sungai Citanduy. Kemudian, Kecamatan Banjarsari, Lakbok dan juga Purwadadi.

“Maka dari itu, Pemkab Ciamis saat ini telah membangun rumah pompa air di Lakbok untuk meminimalisir genangan air,” ucapnya.

Dengan kondisi cuaca saat ini, Dadang menghimbau kepada masyarakat agar dapat selalu berhati-hati dan tentunya selalu waspada.

“Nanti kita akan keluarkan surat himbauan Bupati Ciamis agar masyarakat tetap waspada akan bencana yang bisa timbul,” imbuhnya.

Dadang menambahkan, selain bencana banjir dan tanah longsor, pada musim hujan saat ini juga angin kencang yang dapat mengakibatkan pohon tumbang.

“Maka dari itu, kami juga himbau kepada masyarakat yang memiliki pohon tinggi dan besar dekat dengan permukiman agar segera ditebang sebelum membahayakan,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya