Senin, Mei 20, 2024

Situ Lengkong Panjalu di Ciamis Akan Direvitalisasi Tahun Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) bakal merevitalisasi obyek wisata Situ Lengkong Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Anggaran untuk revitalisasi itu mencapai Rp 15 miliar untuk tahap pertama.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia didampingi Kabid Destinasi Dian Kusdiana membenarkan hal tersebut. Pihaknya pun telah melakukan rapat dan sosialisasi mengenai revitalisasi Situ Lengkong Panjalu tersebut.

“Rencananya pembangunan mulai bulan Maret sampai Agustus 2023. Nantinya Situ Lengkong Panjalu akan punya wajah baru sebagai salah satu destinasi wisata andalan Ciamis,” ungkapnya, Kamis (16/2/2023).

Sekadar informasi, Situ Lengkong Panjalu adalah destinasi wisata religi. Destinasi ini kerap banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah. Situ Lengkong pun punya keindahan panorama alam.

Revitalisasi Situ Lengkong dibagi menjadi 2 tahap dengan nilai DED sebesar Rp 30 miliar. Namun pada tahap 1 ini pada tahun 2023 sebesar Rp 15 miliar.

“Tahun 2023 ini tahap pertama untuk anggarannya sebesar Rp 15 miliar,” jelasnya.

Pembangunan pada tahap pertama ini adalah sarana yang berkaitan dengan muka obyek wisata Situ Lengkong. Seperti gerbang, penataan lahan parkir, kios-kios, pembuatan kantor pengelola serta normalisasi.

“Tahapannya saat sudah melaksanakan lelang pengawasan supervisi, lalu lelang fisik. Ini sedang berjalan. Pokja PBJ telah menjelaskan progres pelaksanaan revitalisasi,” terangnya.

Dinas Pariwisata Ciamis sangat bersyukur Pemprov Jabar bakal merevitalisasi Situ Lengkong Panjalu. Situ Lengkong diharapkan akan menjadi salah satu destinasi andalan wisata religi di Jabar.

“Dengan wajah baru nantinya bakal menjadi daya tarik Situ Lengkong untuk menarik pengunjung domestik dan luar daerah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengunjungi Sentra Wajan Tradisional di Kampung Katel Sindangsari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wajan adalah alat yang paling dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga untuk memasak. Di Ciamis terdapat kampung katel atau sentra wajan...

Warga Cihaurbeuti Ciamis Dirawat di Rumah Sakit Usai Digigit Ular Hijau Berbisa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Elis Supriatin (34) warga Dusun Cidangiang, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, harus dirawat di rumah sakit. Ia digigit oleh ular...

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya