Sabtu, April 27, 2024

Longsor Rusak 4 Rumah di Ciamis, Puluhan Lainnya Terancam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4 rumah rusak akibat diterjang longsor di Dusun Legok, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Berdasarkan pantauan, sedikitnya 4 rumah terdampak dan 51 rumah terancam longsor. Sedangkan 9 Keluarga mengungsi ke tetangga sekitar atau rumah sodara yang aman. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut.

Salah seorang warga yang rumahnya rusak akibat longsor, Mumun (49) mengatakan, pada pekan sebelumnya telah terjadi longsor kecil. Intensitas hujan yang terus menerus membuat lahan perkebunan warga longsor kembali dan menimpa sejumlah rumah warga.

“Kejadiannya hari kamis sore, saya ngungsi malam jumat tadi ke rumah orangtua yang tempatnya tidak jauh,” kata Mumun.

Menurutnya, dengan kejadian longsor kali pertama tersebut membuatnya khawatir, mengingat curah hujan pada pekan ini terjadi terus menerus.

“Ya khawatir, takutnya ada longsor susulan. Kan sekarang-sekarang musim hujan,” ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Ciamis, Usid mengatakan, longsor mengakibatkan 2 rumah warga mengalami rusak parah dan 2 rumah rusak ringan. Selain itu sebagian penghuni rumah sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Hari ini kami terus melakukan pendataan dan juga menyalurkan logistik untuk para korban,” kata Usid.

Dengan terjadinya longsor tersebut, Usid menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati pada musim hujan sekarang yang terus menerus terjadi.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati. Apabila warga yang tinggal di wilayah rawan longsor baiknya mengungsi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman untuk menghindari bencana longsor,” pungkasnya. (Ibay/CN/Djavatoday)

Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis Gelar Santunan

Djavatoday.com,- Dalam rangka Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis menggelar bakti sosial (Baksos) berupa menyantuni anak yatim yang berada di sekitar kampus. Kegiatan tersebut...

Herdiat Nyatakan Siap Kembali Maju jadi Bupati Ciamis di Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya yang merupakan mantan Bupati Ciamis menyatakan siap maju lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Pernyataan tersebut disampaikan Herdiat...

Calhaj di Kecamatan Baregbeg Ciamis Usianya Rata-rata Muda, Ada yang 23 Tahun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-- Calon jemaah haji (Calhaj) asal Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 usianya rata-rata berusia muda, bahkan ada yang usianya 23...

Pastikan ASN Netral dalam Pilkada, PMII STITNU Datangi Pemda Pangandaran

Berita Pangandaran (Djavatoday.com),- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STITNU Al Farabi Pangandaran mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Selasa (23/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, mereka menyuarakan...

Terpopuler

Lainnya