Senin, Mei 20, 2024

Beli Biosolar di SPBU Ciamis Wajib Pakai QR Code Mulai 1 Desember

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mulai 1 Desember 2022, Pertamina melaksanakan uji coba penerapan pembelian bahan bakar minyak Biosolar memakai QR Code. Baru dua daerah Jawa Barat yang memberlakukannya yaitu Ciamis dan Kuningan.

Pantauan, Kamis (1/12/2022), kendaraan yang akan mengisi solar di SPBU Imbanagara Ciamis sudah harus memakai QR Code. Petugas SPBU pun meminta pengemudi menunjukan QR Code. Sebelumnya beberapa bulan lalu mereka harus sudah mendaftar melalui MyPertamina.

Pada hari pertama ini, proses pengisian solar pun berlangsung lancar. Tidak ada antrean kendaraan seperti sebelumnya sewaktu mulai pendaftaran. Mengingat ini masih tahap uji coba selama 3 bulan, sopir yang belum mendaftar atau belum punya QR Code pun masih bisa mendapatkan BBM subsidi.

Hanya saja, petugas SPBU mengarahkan para sopir yang belum mendaftar untuk menyelesaikan pendaftaran. Ada petugas dari Pertamina yang akan membantu para sopir untuk memproses pendaftaran.

Sejumlah tanggapan pun diutarakan para sopir yang biasa beli biosolar. Ada yang setuju dengan aturan tersebut atau ada juga yang memang belum tahu teknis beli biosolar pakai QR Code tersebut.

“Tentu saja saya ikuti saja karena ini aturan dari pemerintah. Yang penting bagi saya bisa mengisi solar untuk kendaraan saya,” kata sopir truk pasir dari Majalengka, Mansus.

Ia mengaku saat ini dalam proses pendaftaran untuk mendapat QR Code setelah mendapat arahan dari pegawai SPBU.

Wiyanto, sopir truk yang mengangkut besi mengaku masih bingung dengan pembelian biosolar pakai QR Code tersebut.

“Kemarin tidak daftar itu karena bingung, saya tidak hanya bawa 1 mobil tapi gonta ganti sesuai perintah dan muatan,” katanya.

Wiyanto pun mengaku yang membuat ribet dalam aturan ini pada saat mendaftar. Padahal sebelumnya di daerah lain, pembelian solar hanya memasukan nomor kendaraan saja.

“Seperti di SPBU di daerah Pantura masih melayani pbelian solar hanya pakai plat nomor saja. Baru di Ciamis sekarang harus daftar dulu,” ucapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...

Pj Bupati Ciamis Ingatkan Peran Penting Satpol PP dan Linmas Sukseskan Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengingatkan peran penting Satpol PP dan Linmas untuk kesuksesan Pilkada 2024. Dua lembaga ini menjadi ujung...

Mengunjungi Sentra Wajan Tradisional di Kampung Katel Sindangsari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wajan adalah alat yang paling dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga untuk memasak. Di Ciamis terdapat kampung katel atau sentra wajan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya