Selasa, April 30, 2024

Tradisi Merlawu Situs Gandoang Ciamis, Wujud Rasa Syukur Setelah Panen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebagai wujud rasa syukur, ratusan warga Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar Tradisi Merlawu di Situs Gandoang, Jumat (14/10/2022).

Bupati Ciamis Hediat Sunarya bersama Kadisbudpora Erwan Darmawan dan Kadis Pariwisata Budi Kurnia menghadiri langsung Tradisi Merlawu. Tradisi ini sudah masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Jawa Barat.

“Merlawu ini merupakan kebiasaan masyarakat bentuk rasa syukur setelah panen. Tradisi ini sudah ada sejak lama dan turun temurun,” kata Herdiat.

Herdiat pun berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga dan juga melestarikan tradisi ini. Sehingga generasi penerus dapat melanjutkan tradisi ini sebagai sebuah warisan.

Tradisi Merlawu berlangsung pada hari Jumat bulan Rabiul Awal. Merlawu ini pun bentuk terima kasih kepada Syekh Padanamatan, seorang tokoh yang telah berjasa untuk pembangunan Desa Wanasigra.

Acara inti Tradisi Merlawu Situs Gandoang ini adalah melaksanakan doa bersama dan juga tawasul. Warga mengelilingi Makam Syekh Padamatan.

Untuk memasuki lokasi makam Syek Padamatan harus menanggalkan alas kaki. Semua sepatu, sandal dan sejenisnya harus disimpan di pintu masuk sebagai bentuk penghormatan. Terakhir masyarakat makan bersama atau botram.

Kepala Desa Wanasigra Yudi Wahyudi mengatakan tradisi ini berlangsung satu tahun sekali.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan hasil bumi yang melimpah yang telah diberikan. Sekaligus ucapan terima kasih kwmi kepada sesepuh yang telah berjasa pada masa lalu,” kata Yudi. (Ayu/CN/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya