Selasa, Mei 7, 2024

Pecinta Wisata Alam Pegunungan, Silayung Park di Garut Bisa Jadi Pilihan

DJAVATODAY.COM, – Bagi pecinta wisata alam pegunungan, Silayung Park di Garut bisa jadi pilihan. Selain pemandangannya indah, di tempat wisata ini juga ada batu aneh dari zaman manusia purba.

Popularitas objek wisata yang berada di puncak Gunung Silayung Garut ini ternyata sudah tersebar luas ke berbagai daerah. Tepatnya, di Kampung Dukuh, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu.

Pada musim libur Lebaran tahun 2019 lalu, ratusan pengunjung dari luar Garut seperti Banten, Bandung, Jakarta, membanjiri area wisata alam dan sejarah ini

“Popularitasnya sudah tersebar ke berbagai daerah. Sehingga pengunjung luar Garut terus berdatangan ke Silayung Park,” ujar Kepala Desa Karyamukti, Widya Heru, Jumat (7/8/2020).

Heru mengatakan, seiring dengan makin banyaknya jumlah kunjungan ke lokasi tersebut pihaknya pun terus melakukan penataan agar objek wisata itu makin diminati.

Saat ini, kata Heru, tengah dibangun jalan yang cukup representatif ke Silayung Park. Hal itu dilakukan supaya akses menuju lokasi objek wisata mudah dicapai dengan kendaraan.

Beberapa sarana dan prasarana di area wisata pun terus dibangun. Salah satunya mushala yang terbuat dari kayu. Untuk pembangunan mushala, anggarannya berasal dari bantuan seorang dokter asal Cibatu.

Silayung Park Bis Menjadi Pilihan Berwisata

Berada di puncak gunung, area wisata yang dipenuhi bebatuan dan pepohonan besar itu sangat instagramable. Indah digunakan sebagai latar belakang saat berfoto atau selfie.

Dari Silayung Park yang berada di ketinggian, pengunjung bisa mengamati wilayah Kecamatan Cibatu yang dibelah jalan nasional dan bentangan rel kereta api.

Pengujung juga bisa melihat indahnya kumpulan-kumpulan pemukiman yang terhampar dan berbaur dengan pesawahan dan kebun dari ketinggian tempat wisata ini.

Selain itu, Area Silayung Park pun dipenuhi gundukan bebatuan aneh dan unik. Bebatuan ini dengan berbagai ukuran yang bentuknya mirip seperti hasil pahatan.

Diduga, bebatuan tersebut merupakan situs bersejarah. Peninggalan manusia purba ribuan tahun lalu.

Pihak Pemerintah Desa (pemdes) Karyamukti pun telah melaporkan keberadaan batu-batu aneh itu ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut beberapa waktu lalu.

”Kami akan terus membangun Silayung Park. Agar menjadi objek wisata yang menarik. Ke depan di area akan dibangun kolam renang waterboom serta kebun binatang mini,” jelas Heru. *AY/Djavatoday

Tawangmangu Wonder Park, Taman Rekreasi Bertema Wonderland

Tawangmangu Wonder Park merupakan sebuah objek wisata berupa taman rekreasi dengan tema wonderland, outbound, dan camping. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan alam di lereng...

Rubina Waterpark Subang: Informasi HTM hingga Alamat

Rubina Waterpark Subang merupakan sebuah objek wisata berupa taman air yang siap membuat liburanmu makin seru. Objek wisata ini menawarkan sensasi berenang dengan suasana...

Curug Pemandian Tuan, Cocok untuk yang Tak Suka Keramaian!

Curug Pemandian Tuan merupakan salah satu objek wisata berupa air terjun yang tersembunyi di Kabupaten Subang. Padahal lokasinya dekat dengan Curug Sadim dan Curug...

Ngargoyoso Waterfall Karanganyar, Wisata Baru dari Lawu Group

Ngargoyoso Waterfall Karanganyar merupakan sebuah objek wisata baru dari Lawu Group yang menyajikan keindahan air terjun. Lawu Group adalah sebuah perusahaan yang menaungi objek...

Terpopuler

Lainnya